Olahraga

Ajax Versus Juventus Berakhir Imbang 1-1

Amsterdam (beritajatim.com) – Ajax Amsterdam harus puas bermain imbang 1-1 melawan Juventus pada leg pertama perempat final Liga Champions Eropa.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Johan Cruijff Arena, Kamis (11/4/2019) dini hari WIB, Ajax lebih dominan dalam penguasaan bola 67 persen berbanding 33 persen. Ada lima shots on goal yang dilepaskan tuan rumah, salah satunya berujung gol. Meskipun tak banyak melakukan ball-possession, I Bianconeri bermain cukup efisien. Dari lima shots, mereka bisa mencuri satu gol.

Jalannya Pertandingan
Juve berinisiatif bermain menyerang sejak menit awal. Peluang pertama didapat Federico Bernadeschi, sepakan kerasnya dari depan kotak penalti masih melayang ke atas. Ajax merespon di menit keenam, Hakim Ziyech memainkan umpan satu-dua kemudian melepaskan tendangan mendatar yang masih berakhir di samping gawang.

Selepas menit kesepuluh, Ajax lebih banyak menguasai bola. Menit ke-12, percobaan Ziyech usai memenangkan perebutan bola masih terlalu lemah masih bisa diamankan kiper. Peluang terbaik bagi Ajax hadir di menit ke-18. Ziyech lagi-lagi menguji Wojciech Szczesny, kali ini sepakan melengkungnya ke pojok kiri atas gawang masih bisa digagalkan Szczesny.

Tekanan Ajax belum usai, Danny van de Beek ikut menghadirkan ancaman di menit ke-25. Percobaan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih sedikit menyamping. Ziyech menjadi pemain Ajax yang paling banyak melepaskan shots on goal ke gawang Juve di babak pertama. Upayanya di menit ke-35 masih belum berbuah gol.

Mendekati akhir babak pertama, Juve justru mampu mencuri gol terlebih dulu di menit ke-45. Berawal dari serangan cepat Juve yang diinisiasi Joao Cancelo, ia kemudian melepaskan umpan lambung terukur ke Ronaldo. Tanpa terkawal, Ronaldo merangsek masuk dan menanduk bola untuk membobol gawang Ajax. Skor 0-1 bagi keunggulan Juve menutup babak pertama.

Babak kedua belum genap semenit Ajax mampu menyamakan skor jadi 1-1. David Neres dengan jeli memanfaatkan operan kurang sempurna Joao Cancelo, dia dengan tenang menaklukkan Szczesny dari jarak dekat usai melewati hadangan bek Juve lainnya.

Gol tersebut meningkatkan kepercayaan diri serta determinasi pemain Ajax, buktinya dua menit berselang tuan rumah hampir saja berbalik unggul kalau saja sepakan Nicola Tagliafico tidak meleset dari sasaran.
Sampai memasuki menit ke-60, Ajax memegang kendali permainan. Mereka memaksa Juve bermain agak kedalam sambil menunggu kesempatan melancarkan serangan balik cepat.

Ajacied mencoba menekan lewat sisi lebar lapangan, umpan Ziyech dibelokkan oleh Joel Veltman. Namun sundulannya masih terlalu lemah dan bisa diamankan dengan mudah oleh Szczesny.

Menit ke-70, upaya Ajax menembus barisan belakang Juve masih menemui jalan buntu. Tagliafico yang mendapat operan di depan kotak penalti langsung didekati sejumlah pemain Juve, keputusannya melepaskan sepakan masih mengenai pemain lawan. Juve tak banyak melakukan serangan berarti di babak kedua, hanya beberapa kali upaya Alex Sandro melepaskan umpan panjang ditujukan langsung ke Ronaldo yang belum membahaykan gawang Andre Onana.

Determinasi Ajax belum usai sampai masa injury. Aksi cutback Dusan Tadic di menit ke-92 diakhiri sepakan yang masih bisa diblok pemain bertahan Juve. Begitu juga dengan upaya Ziyech dari sisi sayap kanan yang masih menemui jalan buntu. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai. Ajax akan ganti bertamu ke kandang Juve, Allianz Arena Turin pada 17 April mendatang. [inilah.com]

Susunan pemain:

Ajax: Andre Onana; Joel Veltman, Mathijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Lasse Schone (Jurgen Ekkelenkamp 75′), Frenkie de Jong; Hakim Ziyech, Donny van de Beek, David Neres; Dusan Tadic

Juventus: Wojciech Szczesny; Joao Cancelo, Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Alex Sandro; Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi (Paulo Dybala 75′); Federico Bernardeschi (Sami Khedira 90′), Mario Mandzukic (Douglas Costa 60′), Cristiano Ronaldo

Apa Reaksi Anda?

Komentar