Olahraga

47 Atlet Renang DKI Tertahan di Hongkong, Segera Dipulangkan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan akan segera mengupayakan kepulangan 47 atlet dan official renang DKI Jakarta yang sempat tertahan di Bandara Hongkong. Retno menyebut mereka akan pulang hari ini.

“Semalam semua penerbangan di Bandara Hongkong dibatalkan. Begitu ada kejadian tersebut saya langsung berkomunikasi dengan teman-teman yang ada di Hongkong, untuk mengetahui berapa banyak WNI yang terjebak di bandara. Mereka itu mau mengikuti Hongkong Swimming Championship,” jelas Retno, Selasa (13/8/2019) saat di Banyuwangi.

Sebelumnya, kata Retno, mereka berada di sana sejak 6 Agustus, dan seharusnya kembali kemarin, Senin (12/8).

“Perhari ini pukul setengah dua siang, saya mendapat update bahwa atlet renang DKI akan kembali ke Jakarta. Akan dibagi menjadi dua kloter. Kloter pertama dengan pesawat pukul 15.51, sementara yang lain pukul 19.07,” terangnya.

Selain 47 orang rombongan atlet renang DKI, kata Retno, juga ada 18 WNI yang terdampak aksi demonstrasi di Bandara Hongkong. “Mereka ikut terbang pada pukul 15.51,” katanya.

Sebelumnya aksi mogok massal yang dilakukan para demonstran antiekstradisi membuat Bandara Internasional Hong Kong lumpuh. Seluruh penerbangan dibatalkan karena ribuan pendemo menggelar aksinya di pintu keberangkatan bandara.

Demo dilakukan massa sejak Jumat (9/8), peserta demo mencapai lebih dari 5 ribu orang di pintu keberangkatan Bandara Internasional Hong Kong. Akibatnya, seluruh penerbangan pada hari ini dibatalkan.

“Sejauh ini, berdasarkan laporan KJRI Hongkong situasi di Bandara Hongkong mulai membaik meski demonstrasi masih berlangsung. Kita mengimbau kepada WNI yang berada di Hongkong agar tetap tenang,” pungkasnya. [rin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar