Senin, 10 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Kemenangan PSSS Diwarnai 'Pitch Invasion'

Rabu, 18 Juli 2018 23:25:16 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Kemenangan PSSS Diwarnai 'Pitch Invasion'

Situbondo (beritajatim.com) - PSSS berhasil mengalahkan Persid Jember 3-0 (0-0) dalam kompetisi sepak bola Liga 3 Grup G Zona Jawa Timur, di Stadion Abdurrahman Saleh, Kabupaten Situbondo, Rabu (18/7/2018).

Dua gol PSSS dicetak Cholil Rusman pada menit 58 dan 79, dan M. Ricki Pratama pada menit 87. Dengan kemenangan ini, jalan PSSS semakin lapang untuk meluncur ke putaran selanjutnya. Mereka tinggal menyisakan dua laga tandang melawan Suryanaga Surabaya dan Persebo Muda Bondowoso yang secara kualitas berada di bawah.

Namun kemenangan ini ternodai oleh ulah penonton yang melakukan 'pitch invasion' atau menyerbu lapangan. Aksi tersebut terprovokasi oleh seorang penonton yang mendadak masuk lapangan. Puluhan penonton yang marah pun mengejarnya. Beruntung petugas keamanan langsung bertindak.

Manajer PSSS Totok Eko Bahari tidak tahu bagaimana asal-muasal 'pitch invasion' itu. "Kami sudah berusaha meminimalisasi insiden seperti ini," katanya.

Totok menilai pertandingan sebenarnya berjalan seru. "Kepemimpinan wasit juga netral. Alhamdulillah," katanya.

Namun pelatih Persid Steven Keltjes beranggapan sebaliknya. Ia menilai pada babak kedua wasit Ahmad Shodirin dari Sidoarjo berat sebelah. "Pertandingan ini sudah sesuai perkiraan kami," katanya.

Faktor kepemimpinan wasit dinilainya sangat mengganggu. "Bukannya mau cari kambing hitam. Sebetulnya saya tidak etis ngomong begini. Tapi begitu yang dialami anak-anak. Babak pertama anak-anak main dominan sekali. Konsentrasi masih bagus, wasit netral. Tapi di babak kedua, berubah drastis. Mereka (pemain PSSS) disenggol sedikit prit. Anak-anak terganggu secara mental. Ada yang emosi," kata Steven.

Jika mengacu pada regulasi PSSI, masuknya penonton ke tengah lapangan berpotensi jatuhnya sanksi. Arema Malang terkena sanksi karena hal tersebut saat melawan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan dalam kompetisi sepak bola Liga 1. Namun Totok tak mau berspekulasi. "Tentu kami akan pelajari sanksinya bagaimana dan karena apa," katanya. [wir/suf]

Tag : persid

Komentar

?>