Jum'at, 19 Oktober 2018

Perancis Rebut Tropi Piala Dunia 2018

Senin, 16 Juli 2018 00:15:24 WIB
Reporter : Kuntoro Rido Astomo
Perancis Rebut Tropi Piala Dunia 2018

Moskow (beritajatim.com) - Tim Nasional Perancis akhirnya menambah koleksi juara di ajang Piala Dunia. Tim Ayam Jago itu mampu menjadi yang terbaik setelah mengalahkan Kroasia di partai puncak dengan skor 4-2 (2-1) di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Ini adalah tropi kedua bagi Perancis di Piala Dunia. Sebelumnya, Les Blues pertama kali mengangkat tropi Piala Dunia pada tahun 1998 saat menjadi tuan rumah. Di 2006 Perancis juga mencapai final namun gagal setelah kalah adu penalti dari Italia.

Sedangkan bagi Kroasia, kekalahan ini memupus harapan mereka untuk merebut trofi Piala Dunia untuk kali pertama. Ini jadi capaian terbaik negara tersebut di Piala Dunia, setelah pada 1998 merebut posisi tiga.

Di partai final Piala Dunia 2018, Perancis membuka kemenangan melalui gol bunuh diri yang dilakukan Mario Mandzukic di menit 18. Lalu, ketiga gol lainnya masing-masing dilesakkan oleh tiga pemain kuncinya, yakni Antoine Griezmann menit 38, Paul Pogba menit 59 dan Kylian Mbappe menit 65. Sedangkan dua gol Kroasia, masing-masing dicetak oleh Ivan Perisic menit 28 dan Mario Mandzukic menit 69.

Jalannya pertandingan
Kroasia tampil menekan sejak menit-menit awal. Mereka tak memberi kesempatan kepada Perancis untuk mengembangkan permainan.

Namun serangan-serangan yang dilancarkan Kroasia hingga memasuki menit ke-15 belum membuahkan hasil. Lini belakang Perancis tampil solid untuk mematahkan upaya-upaya Kroasia.

Perancis mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Kroasia di menit ke-18 menyusul pelanggaran Marcelo Brozovic terhadap Antoine Griezmann.

Griezmann maju sebagai eksekutor. Tendangannya coba dihalau oleh Mario Mandzukic, tapi sundulan penyerang Kroasia itu justru mengarahkan bola ke gawang sendiri. Perancis pun unggul 1-0.

Kroasia mencoba membalas. Namun sundulan Damagoj Vida yang meneruskan umpan Luka Modric masih melambung di atas mistar gawang.

Upaya Kroasia untuk menyamakan skor membuahkan hasil di menit ke-28. Kegagalan lini belakang Perancis menghalau tendangan bebas dimanfaatkan oleh Kroasia.

Bola yang dibelokkan Mandzukic kemudian jatuh ke kaki Vida dan dioper kepada Perisic. Perisic mengontrol bola dan kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kiri untuk menjebol gawang Hugo Lloris.

Drama terjadi di menit ke-35. Bola tendangan sudut dari Griezmann yang disundul Blaise Matuidi diklaim mengenai tangan Perisic. Wasit langsung memberi isyarat untuk mengecek VAR. Setelah melihat rekaman video, wasit memutuskan untuk memberi hadiah penalti kepada Perancis.

Griezmann dengan tenang mengecoh Danijel Subasic. Tendangannya ke arah kiri yang gagal ditebak Subasic mengembalikan keunggulan Perancis. Skor 2-1 untuk keunggulan Perancis bertahan hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, tempo pertandingan masih tinggi. Paul Pogba membuat Kroasia panik dengan gol indahnya pada menit ke-59.

Griezmann memantulkan bola dari dalam kotak penalti yang langsung disambut Pogba dengan tendangan first time. Tendangan kaki kanan Pogba pertama diblok oleh bek Kroasia.

Namun, Pogba yang dapat kembali menguasai bola mencoba menendang dengan kaki kiri. Kali ini, sepakan pemain Manchester United itu meluncur deras di sisi kanan Subasic.

Enam menit kemudian, giliran bintang muda Kylian Mbappe yang unjuk gigi. Pemain Paris Saint Germain itu melepaskan tendangan luar kotak dengan santai usai menerima umpan Lucas Hernandez.

Sepakan Mbappe membawa Perancis unggul 4-1. Di menit 69, harapan Kroasia kembali terbuka. Mario Mandzukic berhasil mencuri bola dari Hugo Lloris yang salah saat hendak menyapu bola back pass.

Namun setelah kesalahan Lloris, semua pemain bertahan Perancis bermain rapi menyapu setiap peluang Kroasia. Skor 4-2 menandai sejarah kali kedua Perancis menjadi juara dunia. [kun]

Tag : piala dunia

Komentar

?>