Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Grup D Piala Dunia 2018

Bungkam Islandia, 'Elang Hijau' Buka Kans ke Babak 16 Besar

Sabtu, 23 Juni 2018 00:28:58 WIB
Reporter : Kuntoro Rido Astomo
Bungkam Islandia, 'Elang Hijau' Buka Kans ke Babak 16 Besar

Volgograd (beritajatim.com) - Nigeria akhirnya membuka peluang lolos ke babak 16 besar usai membungkam Islandia dengan skor 2-0 pada partai kedua Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Volgograd, Jumat (22/6) malam. Dua gol kemenangan Tim Elang Hijau pada laga tersebut diborong oleh Ahmed Musa pada menit 49 dan 75.

Islandia sempat mendapat kesempatan emas untuk menipiskan ketertinggalan setelah diberi hadiah penalti. Tapi eksekusi Gylfi Sigurdsson justru jauh dari sasaran

Alhasil dengan kemenangan ini, Nigeria mengoleksi poin 3 dari dua kali laga. Dan membuka kans menemani Kroasia yang sudah memastikan lebih dulu lolos ke babak 16 besar. Sedangkan Islandia yang memiliki poin sama dengan Argentina, yakni 1, berada di urutan ketiga lantaran lebih sedikit kemasukkan gol.

Bagi Nigeria, hasil imbang melawan Argentina di partai terakhir Grup D nanti, dirasa sudah cukup untuk melenggang ke babak knock out. Dengan catatan, Islandia menang atas Kroasia tidak lebih dari 2 gol.

Jalannya Pertandingan

Laga berjalan cukup terbuka di menit-menit awal. Nigeria dan Islandia silih berganti melancarkan tekanan.

Di menit ketiga, Islandia mendapat tendangan bebas dari posisi yang cukup menjanjikan di depan kotak penalti Nigeria. Eksekusi Gylfi Sigurdsson melewati pagar betis Nigeria dan mengarah ke pojok kiri atas, tapi Francis Uzoho masih bisa menepis bola.

Serangan kembali dibangun Islandia, kali ini dari sisi kanan. Sigurdsson yang mendapat ruang di tengah kemudian melepaskan tembakan first-time, tapi bola masih bisa diamankan Uzoho.

Nigeria perlahan mendominasi penguasaan bola. Tapi mereka kesulitan menciptakan peluang yang membahayakan gawang Islandia.

Islandia kemudian justru mampu menebar ancaman di menit-menit akhir babak pertama. Bjarnason melepaskan umpan tarik, tapi tak ada pemain Islandia yang menyambut bola.

Tendangan bebas yang didapat Islandia juga tak membuahkan hasil. Tendangan Sigurdsson tak mampu diteruskan oleh Alfred Finnbogason yang ada di depan gawang.

Memasuki babak kedua, Nigeria mampu membuka keunggulan tepatnya di menit ke-49. Berawal dari serangan balik, Victor Moses dari sebelah kanan kemudian melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Ahmed Musa yang menerima bola kemudian mengontrolnya dan melepaskan tembakan keras dari jarak dekat.

Wilfred Ndidi melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Meski bola sempat membentur pemain Islandia, Halldorsson masih bisa menepisnya. Musa benar-benar menjadi ancaman untuk gawang Islandia. Tendangannya dari depan kotak penalti menerpa mistar gawang Islandia.

Musa mencetak gol keduanya di laga ini di menit ke-75. Menerima umpan panjang dari Kenneth Omeruo, Musa yang bergerak dari sisi kiri mampu melepaskan diri dari kawalan pemain belakang Islandia dan kemudian mengecoh Halldorsson sebelum memasukkan bola ke dalam gawang.

Drama sempat terjadi di menit ke-80. Finnbogason dijatuhkan oleh Ebuehi di kotak penalti dan wasit menilai tak ada pelanggaran. Namun wasit kemudian mengubah keputusannya dan memberi hadiah penalti untuk Islandia setelah meninjau VAR.

Gylfi Sigurdsson maju sebagai eksekutor. Tapi dia gagal memanfaatkan penalti tersebut karena tendangannya justru melambung di atas mistar gawang.

Sementara itu, Nigeria tak mengendurkan serangan meski sudah unggul dua gol. Kelechi Iheanacho mencoba menambah gol Nigeria, tapi tendangannya dari luar kotak penalti melenceng dari gawang. [kun]

Susunan Pemain

Nigeria:
Francis Uzoho, Kenneth Omeruo, William Troost-Ekong, Leon Balogun, Brian Idowu (Ebuehi 46'), Victor Moses, John Obi Mikel, Wilfred Ndidi, Oghenekaro Etebo (Iwobi 91'), Ahmed Musa, Kelechi Iheanacho (Ighalo 85')

Islandia: Hannes Thor Halldorsson, Birkir Saevarsson, Kari Arnason, Ragnar Sigurdsson (Ingason 65'), Hordur Magnusson, Rurik Gislason, Gylfi Sigurdsson, Aron Gunnarsson (Skulason 87'), Birkir Bjarnason, Alfred Finnbogason, Jon Dadi Bodvarsson (Sigurdarson 71')

Komentar

?>