Jum'at, 20 Juli 2018

Misi Balas Dendam Samurai Biru Jepang

Selasa, 19 Juni 2018 13:45:16 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Misi Balas Dendam Samurai Biru Jepang

Rusia (beritajatim.com) - Bertanding di Stadion Mordovia Arena, Rusia, Selasa (19/6/2018) malam ini pukul 19.00 wib, Kolombia akan di tantang Tim Samurai Biru, Jepang dalam fase penyisihan Grup H Piala Dunia 2018.

Meski diatas kertas Kolombia lebih diunggulkan, keikut sertaan Jepang dalam sepakbola terakbar se jagad itu tak bisa dianggap remeh.

Sepanjang bertemu dilapangan hijau, Jepang memang belum pernah sekalipun menang atas Kolombia. Kisah suram juga pernah dialami Jepang di Piala Dunia 2014 lalu saat Timnas Jepang, dipermalukan Kolombia dengan skor telak 4-1.

Rekor tak pernah menang melawan tim dari Amerika Selatan juga belum bisa dipecahkan Jepang. Fakta lainnya, Kolombia selalu mencetak gol pada enam kali sebagai kontestan Piala Dunia yang diikutinya.

Skuat Los Cafeteros saat itu mampu menghancurkan Jepang 4-1. Kembali bersua di Rusia, tak banyak perubahan yang terjadi di antara kedua tim pada Piala Dunia kali ini. Di tim Jepang masih ada nama seperti Keisuke Honda, Shinji Kagawa, Maya Yoshida, dan sang kapten Makoto Hasebe.

Begitu pula dengan Skuat Los Cafeteros Kolombia yang memboyong mayoritas veteran Piala Dunia 2014 kali ini. Juan Quintero, Juan Cuadrado, dan Carlos Bacca masih menghiasi skuat tersebut. Namun, Jepang kerap kesulitan menghadapi tim dari Amerika Selatan dengan gaya permainan cepat dan atraktif.

Juan Cuadrado, James Rodriguez, dan Radamel Falcao adalah penghuni lini serang Kolombia yang jempolan. Jepang diprediksi bakal keteteran menghadapi aksi pemain-pemain Kolombia. Satu-satunya cara untuk membuat frustrasi adalah Jepang harus bisa membangun pertahanan yang tangguh dan disiplin.

Jika ingin menebus dendam empat tahun lalu di Brasil, Samurai Biru Jepang wajib bermain ngotot. Determinasi tinggi Keisuke Honda dkk, harus ditonjolkon jika ingin mencetak sejarah baru melawan anak asuh Jose Packerman, Kolombia.

Terlebih, wakil Asia sendiri diperkuat sejumlah pemain yang merumput di klub-klub Eropa. Sebut saja bek Olympique Marseille Hiroki Sakai, Maya Yoshida (Southampton), dan Gotoku Sakai (Hamburg).

Tim Samurai Biru juga dihuni mantan pemain Internazionale Milano, Yuto Nagatomo yang kini membela klub Liga Super Turki Galatasaray. Jepang juga diperkuat Shinji Okazaki (Leicester City), Yoshinori Muto (Mainz 05), dan Yuya Osako (Werder Bremen).

Meski banyak diperkuat para pemain yang merantau di Eropa, kualitas Jepang masih di bawah Kolombia. Itu bisa dilihat dari pertemuan kedua tim di fase grup Piala Dunia 2014. (yog/ted)

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>