Minggu, 18 Nopember 2018

Grup F Piala Dunia 2018

Swedia Vs Korsel: Duel Dua Tim Underdog

Senin, 18 Juni 2018 07:11:54 WIB
Reporter : Misti P.
Swedia Vs Korsel: Duel Dua Tim Underdog

Nizhny Novgorod (beritajatim.com) - Setelah 12 tahun absen sejak 2006, Swedia kembali tampil ke Piala Dunia di Rusia. Swedia akan menjalani laga perdananya di Grup F Piala Dunia 2018 melawan raksasa Asia, Korea Selatan di Stadion Nizhny Novgorod, Senin (18/6) malam.

Laga ini akan berlangsung menarik. Pasalnya, kedua tim menyandang status underdog di grup ini. Dari lima laga, hasil kedua tim juga kurang memuaskan. Swedia, hanya menang sekaki melawan Denmark, lalu seri dua kali dan dua kali kalah. Begitu juga Korea Selatan. Mereka hanya menang sekali atas Honduras, lalu seri melawan Bolivia, selebihnya kalah.

Bahkan, untuk lolos ke putaran final, Swedia sempat terseok-seok karena harus menjalani babak playoff zona Eropa. Untungnya, mereka berhasil mengantongi satu jatah tiket dengan membenamkan tim tradional, Italia.

Meski begitu, Tim Biru Kuning tetap dijagokan dalam laga ini. Walau tanpa pemain bintang, kekuatan utama tim besutan Janne Andersson adalah kekompakan. Swedia juga tidak menunjukkan permainan yang atraktif. Namun mereka adalah tim yang sulit kebobolan.

Sebagai pemain kunci, Swedia memiliki Emil Forsberg. Pemain RB Leipzig ini menjadi harapan tim untuk mengkreasikan peluang di pertahanan lawan. Berbekal visi dan kemampuan melepas umpan yang baik, Emil Forsberg akan ditugaskan untuk membongkar pertahanan lawan dan bisa dipastikan Swedia memiliki peluang bagus meraih kemenang di pertandingan kali ini.

Sementara Korea Selatan, tim langganan Asia lolos Piala Dunia sejak 1986, juga tidak bisa dipandang remeh. Selama ini, mereka sempat dua kali melewati fase grup. Walau pun selama babak kualifikasi, Korea Selatan belum menunjukkan penampilan terbaiknya. Bahkan, Korea Selatan nyaris gagal ke Piala Dunia jika bukan gara-gara Suriah kalah dengan selisih gol tipis melawan Iran dalam laga terakhir kualifikasi grup.

Tim asuhan Shin Tae-yong ini juga gagal tampil mengesankan dalam laga-laga persahabatan. Dari 6 pertandingan terbarunya, mereka hanya menang sekali. Kendati demikian, Korea Selatan tetap akan menjadi tim kuda hitam di Rusia. Dipimpin oleh pemain Tottenham Hotspur Son Heung-Min, berstatus sebagai tim underdog, Korea berharap bisa melangkah jauh yang dimulai dengan meraih kemenangan atas Swedia. Setelah tampil di kompetisi Premier League bersama Tottenham, Son Heung-Min akan berambisi membawa Korea Selatan di Piala Dunia tahun ini.

Son Heung-Min merupakan bintang besar di Korea Selatan saat ini. Kehadirannya di Korea Selatan sangat penting karena tak hanya berperan sebagai kreator serangan. Son Heung-Min merupakan pencetak gol tajam dan kemampuannya membongkar pertahanan lawan seorang diri akan diharapkan bisa memberi hasil positif bagi Korea di pertandingan kali ini.[tin/kun]


Head to Head

12/11/05 Korea Republic 2 – 2 Sweden
22/01/05 Sweden 1 – 1 Korea Republic

5 Pertandingan Terakhir Swedia:
11/01/18 Sweden 1 – 0 Denmark
25/03/18 Sweden 1 – 2 Chile
28/03/18 Romania 1 – 0 Sweden
03/06/18 Sweden 0 – 0 Denmark
10/06/18 Sweden 0 – 0 Peru

5 Pertandingan Terakhir Korea Selatan:
28/03/18 Poland 3 – 2 Korea Republic
28/05/18 Korea Republic 2 – 0 Honduras
01/06/18 Korea Republic 1 – 3 Bosnia-Herzegovina
07/06/18 Korea Republic 0 – 0 Bolivia
11/06/18 Senegal 2 – 0 Korea Republic

Sweden:
Olsen, Augustinsson, Granqvist, Lindelof, Krafth, Forsberg, Ekdal, Larsson, Durmaz, Berg, Toivonen.

Korea Selatan: Kim Seung-gyu, Park Joo-ho, Kim Young-gwon, Kim Min-woo, Lee Yong, Ki Sung-yueng, Lee Jae-sung, Koo Ja-cheol, Jung Woo-young, Heung-min Son, Hwang Hee -chan.

Komentar

?>