Senin, 22 Oktober 2018

Grup F Piala Dunia 2018

Gol Lozano Tumbangkan Juara Bertahan Jerman

Senin, 18 Juni 2018 00:20:43 WIB
Reporter : Kuntoro Rido Astomo
Gol Lozano Tumbangkan Juara Bertahan Jerman
reuters

Moscow (beritajatim.com) - Secara mengejutkan, juara bertahan, Jerman tumbang di laga perdananya di Piala Dunia 2018 setelah kalah 0-1 atas wakil Concacaf, Meksiko di Stadion Luzhniki, Minggu (17/6/2018) malam WIB. Gol kemenangan Meksiko, dicetak oleh Hirving Lozano di menit 35.

Alhasil, Kekalahan 'Der Panzer' ini, membuat langkah mereka lolos ke babak knock out bakalan berat. Sebab, mereka harus memenangi dua laga sisa. Sedangkan bagi Meksiko, kemenangan ini akan menjadi modal bagus ke babak selanjutnya. Saat ini, Meksiko untuk sementara memuncaki klasemen grup F dengan poin 3.

Selanjutnya, Jerman akan menghadapi Swedia di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Sabtu (23/6/2018) lusa. Sementara Meksiko, ditantang Korea Selatan di Rostov Arena, Rostov-on-Don, pada laga kedua Grup F.

Jalannya pertandingan
Kejutan Meksiko dimulai di menit kedua. Gerakan Lozano, mampu menembus kotak penalti Jerman dan melepaskan tendangan, tapi masih bisa diblok Jerome Boateng. Tendangan sudut kemudian bisa diamankan Manuel Neuer.

Tim Panser membalas semenit berselang. Joshua Kimmich mengirim umpan terobosan ke Timo Werner di sisi kanan. Sepakan dilepaskan, namun bola cuma bergulir di depan gawang Meksiko yang dijaga Guillermo Ochoa.

Pada menit ke-11, Hector Herrera melepaskan tendangan ke gawang Jerman. Namun Neuer masih masih sigap menangkapnya. Itu shot on target pertama Meksiko di laga ini.

Setelah banyak menekan, Meksiko akhirnya unggul 1-0 di menit ke-35. Serangan balik cepat diselesaikan dengan baik oleh Lozano. Meksiko memimpin 1-0 hingga jeda.

Di babak kedua, kedua tim bermain lebih hati-hati. Jerman yang tertinggal, lebih banyak menguasai bola untuk berusaha menyamakan kedudukan atas Meksiko.

Jerman mulai menebar ancaman di menit ke-55. Julian Draxler yang menerima umpan Mesut Oezil, melepaskan tendangan ke arah Ochoa. Namun upayanya masih membentur lawan sehingga bolanya melenceng tipis dari gawang.

Dua menit berselang, Meksiko bisa membalas. Lewat serangan balik cepat, kerja sama Chicharito dan Lozano diakhiri dengan sepakan melambung Andres Guardado yang ke atas meski ruang tembaknya cukup terbuka.

Masih kesulitan membongkar pertahanan Meksiko, Jerman akhirnya memasukkan Marco Reus menggantikan Sami Khedira. Tapi tim besutan Joachim Loew itu masih kesulitan.

Di menit ke-65, sebuah upaya dilakukan Kimmich. Menerima crossing Boateng, ia melepaskan tendangan salto di kotak penalti. Namun bola tendangannya masih terlalu tinggi. Dua menit berselang, upaya Draxler juga masih melenceng.

Pada menit ke-75, Kroos kembali melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Tapi bola masih melenceng tipis di samping gawang Meksiko. Tiga menit berselang, serangan balik Meksiko gagal dituntaskan Miguel Layun yang sepakannya masih terlalu tinggi.

Di sisa waktu pertandingan, Jerman menghujani gawang Meksiko dengan banyak peluang. Di antaranya adalah sepakan Kroos yang bisa ditangkap Ochoa, dan tendangan Julian Brandt yang menerpa mistar gawang pada menit ke-90.

Ochoa menjadi pahlawan Meksiko di menit-menit akhir pertandingan. Ia berkali-kali bisa mengamankan gawangnya dari serangan Jerman. Hingga laga tuntas, kekalahan 0-1 Jerman atas Meksiko tidak terhindarkan. [kun]

Susunan Pemain
Jerman:
Neuer, Kimmich, Boateng, Hummels, Plattenhardt (Gomez 80'), Khedira (Reus 60'), Kroos, Mueller, Oezil, Draxler, Werner (Brandt 86')

Meksiko: Ochoa, Gallardo, Moreno, Ayala Castro, Salcedo, Guardado (Marquez 74'), Herrera, Lozano (Jimenez 66'), Vela (Alvarez 58'), Layun, Hernandez

Komentar

?>