Senin, 15 Oktober 2018

Piala Dunia 2018 Rusia

Xavi: Tepat Langkah RFEF Pecat Lopetegui

Kamis, 14 Juni 2018 06:44:00 WIB
Reporter : Ainur Rohim
Xavi: Tepat Langkah RFEF Pecat Lopetegui

Krasnodar--Xavi Hernandez angkat bicara mengenai pemecatan Julen Lopetegui. Ia mendukung keputusan RFEF memecat Lopetegui yang mengadakan negosiasi dengan Real Madrid secara diam-diam.

Lopetegui dipecat dari jabatan pelatih timnas Spanyol hanya dua hari sebelum Spanyol menghadapi Portugal di laga perdana Grup B. Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol (RFEF) mengambil keputusan mengejutkan tersebut, setelah mengetahui Lopetegui melakukan negosiasi secara ilegal.

Pelatih 51 tahun mengadakan pertemuan dengan Real Madrid tanpa sepengetahun federasi. Xavi menyayangkan apa yang dilakukan Lopetegui, apalagi dia tengah dihadapkan pada gelaran Piala Dunia 2018.

"Keputusan Lopetegui terlalu dini, tidak terduga, dan tergesa-gesa," ujar Xavi dikutip dari Marca.

"Keputusan itu adalah kejutan bagi semua orang," ia menambahkan .

Xavi juga memuji keputusan dari Luis Rubiales, Presiden RFEF. Menurut dia, pemecatan Lopetegui sudah sangat tepat bagi timnas Spanyol. "Saya pikir reaksi Rubiales sangat baik. Dia memikirkan federasi yang tentu saja harus ditempatkan di atas individu," ujarnya.

Julen Lopetegui harus mengubur impiannya berada di Piala Dunia 2018. Ia pun tak bisa menutupi perasaan sedihnya usai dipecat RFEF.

RFEF memecat pelatih 51 tahun sehari jelang kickoff Piala Dunia 2018. Keputusan tersebut diambil setelah Real Madrid mengumumkan penunjukkan Lopetegui sebagai pelatih baru, Selasa (12/6/2018).

Sebagai penggantinya, RFEF langsung menunjuk Fernando Hiero sebagai pelatih baru La Furia Rojas di Rusia 2018. Usai dipecat, Lopetegui langsung berkemas dan meninggalkan kamp latihan timnas Spanyol di kota Krasnodar. Ia pun tak bisa menyembunyikan perasaan kecewanya, namun tetap mendoakan yang terbaik bagi tim Matador di Piala Dunia 2018.

"Saya sangat sedih, tetapi mendoakan Spanyol melewati Piala Dunia luar biasa yang bisa kami menangkan," ujar Lopetegui kepada Cadena SER.

"Kami memiliki pemain-pemain luar biasa dan saya harap kami bisa memenangkan Piala Dunia," ia memungkasi.

Lopetegui pernah mengantarkan timnas Spanyol U-21 meraih titel Piala Eropa 2013. Ia kemudian ditunjuk menjadi pelatih tim senior Spanyol pada 2016. Di bawah arahannya, Spanyol tak terkalahkan dalam 20 laga beruntun.

Kemungkinan besar, Lopetegui akan langsung terbang ke Madrid untuk menemui jajaran manajemen klub sebelum diperkenalkan ke publik. [Inilah.com/air]

Sumber : Inilah.com

Komentar

?>