Kamis, 26 April 2018

Ini Penyebab Aji Santoso Seminggu Tinggalkan Persela

Selasa, 10 April 2018 16:45:11 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Ini Penyebab Aji Santoso Seminggu Tinggalkan Persela

Lamongan (beritajatim.com) - Pelatih kepala Persela Lamongan, Aji Santoso tidak mendampingi Persela selama seminggu. Pelatih asal Malang itu, selama seminggu mengikuti kursus kepelatihan AFC Pro yang dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mulai 14-20 April 2018.

Karena mengambil kursus kepelatihan itu, mantan pelatih Arema FC juga tidak bisa mendampingi Bihrul Walidain dkk saat menjamu Bali United pada 16 April 2018 nanti.

"Taggal 13 April saya sudah harus berangkat. AFC Pro ini sangat penting untuk menambah ilmu kepelatihan, dan manajemen tidak keberatan," ujarnya, Selasa (10/04/2018).

Kursus tersebut akan dilaksanakan dengan sistem 7 modul dan berlangsung hampir satu tahun lamanya. Dalam kursus kepelatihan itu, tidak hanya materi teori. Tapi juga praktek lapangan. Otoritas sepak bola Asia, atau AFC juga menghadirkan Bader Ahmad asal Kuwait sebagai instrukturnya.

Selain Aji Santoso, pelatih Bali United Widodo C.Putro juga tidak bisa mendampingi timnya saat dijamu Persela.

Tidak adanya Aji Santoso di tim Persela. Nantinya, program latihan akan di-handle oleh asisten pelatih Danur Dara, dan Ragil Sudirman. Sementara, Erick Ibrahim tetap menjalankan tugasnya sebagai pelatih penjaga gawang.

"Untuk program latihan, saya kira tidak ada masalah. Ada asisten pelatih yang menjalankan. Saya harapkan seluruh pemain tetap antusias latihan dan fokus pertandingan lawan Bali United," ujar Aji Santoso.

Seperti dketahui, arsitek Persela Aji Santoso mendapat rekom dari AFC dan PSSI setelah memenuhi persyaratan. Syarat utama mengikuti AFC Pro License Coaching Course ini yakni harus memiliki lisensi A AFC, aktif menangani tim profesional dan memiliki logbook program latihan 120 jam.

Kursus pelatih Pro AFC adalah kursus tertinggi lisensinya di tingkat Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Untuk Indonesia saat ini belum ada satu pun pelatih yang mengantongi sertifikat Pro AFC. Kursus ini dilakukan sebagai persiapan salah satu persyaratan dari AFC, bahwa nantinya pada tahun 2020 setiap pelatih di kompetisi profesional level teratas harus memiliki lisensi Pro AFC. [dny/but]

Tag : persela

Komentar

?>