Sabtu, 20 Oktober 2018

Laga Kandang Perdana Persid Jember Hanya Ditonton 1.983 Orang

Senin, 09 April 2018 15:15:48 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Laga Kandang Perdana Persid Jember Hanya Ditonton 1.983 Orang

Jember (beritajatim.com) - Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Jawa Timur, berkapasitas 20 ribu penonton. Rinciannya 14 ribu tempat duduk di sisi barat dan timur dan enam ribu untuk penonton berdiri (teras) di sisi utara dan selatan. Namun setiap kali Persid bertanding, stadion hanya terisi sekitar 10-15 persen.

Pertandingan kandang perdana Liga 3 melawan Banyuwangi Putra, Minggu (8/4/2018) kemarin hanya mampu membetot 1.983 penonton bertiket. Penonton terbanyak berada di sisi selatan, yakni 1.387 orang. Total panitia pelaksana hanya meraup pendapatan kotor Rp 34,07 juta.

Jumlah penonton terbanyak justru pada pertandingan uji coba melawan Malang United. Namun tetap saja jumlah tiket terjual masih jauh dari kapasitas stadion. Saat itu, panitia pelaksana berhasil menjual 2.484 lembar tiket.

Stadion JSG justru dijejali lebih dari 20 ribu penonton saat Persid menjamu Tim Nasional U19 tahun lalu. Pertandingan lain yang dijejali 15 ribu penonton adalah pertandingan Semeru FC melawan Persebaya Surabaya yang juga digelar tahun lalu.

Sepinya stadion ini berdampak pada dua hal: suntikan dukungan suporter dari tribun yang tidak akan selantang jika stadion penuh dan keberlanjutan tim dari sisi finansial. Dari aspek finansial, tiket penonton menjadi andalan Persid setelah Bupati Faida memutuskan tak akan memberikan lagi dana hibah pada APBD 2018. Persid diminta untuk hidup mandiri sebagai klub amatir. Praktis manajemen harus bekerja keras memutar otak untuk menggali dana.

Asisten pelatih Jaya Hartono menyebut dukungan penonton sangat penting untuk menyuntik motivasi Persid. Tidak ada jalan lain untuk menarik minat penonton. "Persid harus menangan. Penonton akan datang sendiri," katanya. [wir]

Komentar

?>