Rabu, 17 Oktober 2018

Unggah Karikatur di Grup Aremania vs Bonek, Arek Jember Diamankan Polisi

Jum'at, 09 Maret 2018 16:14:06 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Unggah Karikatur di Grup Aremania vs Bonek, Arek Jember Diamankan Polisi

Jember (beritajatim.com) - NH (21), seorang pemuda asal Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, diamankan polisi setelah mengunggah karikatur kontroversial di grup Facebook Suporter Aremania Aremanita vs Bonek Bonita.

NH mengunggah karikatur seorang pria berkopiah yang mengencingi gambar seperti bendera berwarna merah putih dan ada tulisan 'Xenior Area', Selasa kemarin. NH memberikan caption bertuliskan: Indonesia kok gae tukaran ae... diuyuhi ae (Indonesia kok dibikin ribut, dikencingi saja).

Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo mengatakan, unggahan karikatur tersebut memunculkan komentar negatif cukup banyak. Begitu mendapat laporan dari warganet, ia langsung mengamankan NH. "Setidaknya jangan sampai yang bersangkutan menjadi korban persekusi, mendapat intimidasi, gara-gara memposting ujaran kebencian dan masyarakat merespons hal itu dengan emosional," katanya, Jumat (9/3/2018).

Kusworo meminta masyarakat untuk tetap tenang, karena kasus itu sudah ditangani polisi. "Selain dengan Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) terkait penghinaan terhadap lambang negara, kami lapisi pasal (yang menjerat NH) dengan pasal tentang ujaran kebencian," katanya.

Polisi kini masih mendalami kasus ini, karena bendera yang menjadi lambang negara memiliki kriteria-kriteria dan ukuran tertentu. Penggunaan pasal ujaran kebencian juga didasarkan pada komentar-komentar terhadap unggahan NH yang rata-rata penuh emosional dan tidak terima. "Tapi yang bersangkutan tidak membuat gambar itu, dan mendapat dari media sosial juga. Kami minta keterangan dari mana sumber gambar tersebut," kata Kusworo. [wir/kun]

Tag : bonek aremania

Komentar

?>