Senin, 19 Nopember 2018

Abdul Gani Tercepat di Etape Kedua TdI 2018

Jum'at, 26 Januari 2018 20:35:03 WIB
Reporter : Misti P.
Abdul Gani Tercepat di Etape Kedua TdI 2018

Mojokerto (beritajatim.com) - Etape kedua Tour de Indonesia (TdI) menjadi milik pebalap asal Indonesia, Abdul Gani (25). Pebalap asal Samarinda itu, berhasil menjadi yang tercepat saat melalui rute start dari Alun-alun Madiun hingga finish di Jalan Pahlawan, Kota Mojokerto.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI), Raja Sapta Oktahari mengatakan, TdI adalah sebuah penghormatan karena dilakukan dengan klasifikasi tertinggi. "Setelah lama vakum, kini dihidupkan kembali dan tidak akan berhenti di tahun ini saja dan semakin besar pesertanya," ungkapnya, Jum'at (26/1/2018).

Menurutnya, etape kedua yang menempuh jarak 117,5 km tersebut lebih menarik. Karena selain cuaca yang gerimis dan banyak tantangan, hal tersebut menjadi evaluasi dan referensi untuk penyelenggara TdI berikutnya.

"Dan di etape kedua yang menang adalah peserta dari Indonesia. Sepanjang jalan yang dilewati peserta, makin banyak penontonnya dan teriak masyarakat yang hadir menjadi semangat tersendiri bagi peserta. Mata dunia sepeda, saat ini sedang tertuju di Indonesia," katanya.

Masih kata mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini, jika Walikota Mojokerto, Mas'ud Yunus berkenan, para peserta TdI akan lewat Kota Mojokerto lagi. Okto (panggilan akrab, red) berharap, Indonesia bisa menjadi tuan rumah TdI yang baik.

Sementara itu, Walikota Mojokerto, Mas'ud Yunus menyambut baik kegiatan tersebut. "Suatu penghormatan bagi Kota Mojokerto karena dilewati peserta TdI. Mudah-mudahan tahun depan bisa lewat Mojokerto lagi, karena Mojokerto adalah Mojopahit yakni cikal bakal Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat khususnya bagi masyarakat Kota Mojokerto terkait tentang pentingnya hidup sehat dengan berolahraga. Hal tersebut sesuai dengan visi misi Pemkot Mojokerto. Namun untuk menuju sehat, ujar Walikota, harus ada upaya dan motivasi.

"Salah satu dengan TdI ini, yakni masyarakat bisa mencintai olah raga. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi manfaat bagi pembangunan di Kota Mojokerto," pungkas orang nomor satu di Kota Mojokerto ini.

Sementara itu, Abdul Gani dari KFC Cycling Team menjadi yang tercepat setelah mencatatkan waktu 2:24:17, disusul pebalap asal Malaysia, Mat Amin Mohd Shahrul dari Terengganu Cycling Team. Untuk urutan ketiga, diraih pebalap asal Malaysia, Mohd Zariff Muhamad Nur Aiman dari Team Sapura Cyling.

Sekedar diketahui, setelah tujuh tahun vakum, Tour de Indonesia (TdI) kembali digulirkan tahun 2018 ini dengan start di Candi Prambanan dan finish di Denpasar, Bali. Kejuaraan level 2.1 untuk pertama kali di Indonesia memang belum sepanjang sebelumnya yaitu hanya empat etape.

Sedangkan sebelumnya sepuluh etape. Etape pertama dari Candi Prambanan menuju Alun-Alun Ngawi dengan jarak tempuh 124,7 km. Berikutnya dari Alun-Alun Kota Madiun menuju Kantor Walikota Mojokerto dengan jarak tempuh 117,7 km melewati jalur utama.

Etape tiga dari Probolinggo menuju Banyuwangi dengan jarak tempuh 200 km yang menjadi etape terpanjang. Untuk etape empat, semua pebalap akan menyebarang ke Pulau Bali. Balapan sendiri akan dimulai dari Gilimanuk dan akan finis di Lapangan Puputan Renon, Denpasar dengan jarak tempuh 170,9 km.[tin/kun]

Komentar

?>