Jum'at, 20 Juli 2018

Tour de Indonesia: Perhatikan Lalu Lintas di Banyuwangi

Rabu, 24 Januari 2018 23:17:36 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Tour de Indonesia:  Perhatikan Lalu Lintas di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) - Etape 3, Kejuaraan balap sepeda Tour d Indoensia bakal melewati sejumlah daerah di Jawa Timur. 

Khususnya daerah di sepanjang rute antara Kabupaten Probolinggo hingga Banyuwangi.Melihat krusialnya kondisi balapan, sejumlah satuan pengamanan akan melakukan beberapa antisipasi. 

Terutama pengamanan pada saat berlangsungnya balapan di sepanjang rute yang dilewati para pebalap.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Banyuwangi. Satlantas akan melakukan rekayasa lalulintas mulai dari arah Jember menuju Banyuwangi dan sebaliknya.

Aturan ini akan berlaku sehari selama berlangsungnya helatan balapan sepeda bertaraf internasional, Tour de Indonesia, Sabtu (27/01/2018).

"Jalur yang dialihkan meliputi Kalibaru – Glenmore - Genteng – Kembiritan – Rogojampi – Kabat dan Banyuwangi. Pasalnya, rombongan pebalap Tour de Indonesia akan melintasi rute selepas melalui trek dari Jember melalui Gunung Gumitir," jelas Kasat Lantas Polres Banyuwangi AKP Ries Andrian Yudho Nugroho, Rabu (24/1/2018)

 

Rute balapan, kata Ris Andrian, mayoritas melewati jalur utama di wilayah selatan. Sehingga, pihaknya meminta seluruh pengguna jalan yang melaju dari arah Banyuwangi menuju Jember supaya melalui jalur utara.

"Bisa melewati Wongsorejo, Situbondo, Bondowoso dan Jember. Semua jalur kendaraan menuju Jember atau sebaliknya bakal disterilkan demi kelancaran Tour de Indonesia.Memang memutar tapi itu pilihan satu-satunya daripada tidak bisa melintas. Karena selama pebalap belum melintasi jalur balapan otomatis jalur akan dialihkan,” katanya.

 

Rencananya, rekayasa pengalihan arus kendaraan tersebut mulai berlaku Sabtu, mendatang sejak pukul 12.00 WIB – 16.00 WIB. Selama kurun waktu itu para pengguna kendaraan agar memilih jalur alternatif lain. "Itu harus dilakukan agar perjalanannya tidak terkendala. Jika memaksa dipastikan perjalanannya bakal terhambat," ujarnya.

Perkiraan sesuai manual race, rombongan pebalap diprediksi memasuki Gunung Gumitir area Kecamatan Kalibaru sekitar pukul 13.28 WIB.

Diprediksi peserta Tour de Indonesia akan memasuki garis finish di Taman Blambangan Banyuwangi sekitar jam 15.28 WIB. “Satu jam sebelum pebalap melintas rute harus bersih dari kendaraan umum yang lewat. Khusus jalur Rogojampi – Srono – Jajag tidak dialihkan. Untuk masyakarat yang hendak melalui kawasan itu tidak akan mengalami masalah. Walau tidak ditutup mungkin bakal mengalami kepadatan efek dari pengalihan jalur tengah,” terangnya.

Mengenai kondisi jalan, kata Ris Andrian, cukup layak. Jalan raya sepanjang Kalibaru – Banyuwangi dalam kondisi baik dan beraspal hotmix. Bahkan, tim dari Satlantas Polres Banyuwangi telah melakukan pengecekkan di sepanjang rute.

“Jalan tidak ada masalah, lubang nyaris tidak ada. Sejumlah rambu telah terpasang di beberapa titik rawan,” pungkasnya. (rin/ted)

Tag : balap sepeda

Komentar

?>