Sabtu, 20 Oktober 2018

Kontroversi Hibah, Dispora: Model Pencairan Sudah Disepakati KONI Jember

Rabu, 24 Januari 2018 00:00:00 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Kontroversi Hibah, Dispora: Model Pencairan Sudah Disepakati KONI Jember

Jember (beritajatim.com) - Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Jember, Jawa Timur, Jumari mengatakan, sudah ada kesepakatan dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk model pencairan dana hibah Rp 2,049 miliar untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menyebut KONI sudah memenuhi persyaratan berupa pakta integritas, NPHD, dan permohonan pencairan dari organisasi perangkat daerah (OPD) verifikator yang sudah disetujui bupati pada 28 Desember 2017. Uang itu masuk ke rekening KONI di Bank Jatim pada 29 Desember 2017.

Namun kendati sudah memenuhi syarat pencairan dana hibah, ternyata pengurus KONI masih harus menempuh 81 tahap untuk mengambil dana itu dari rekening. Proses seperti ini membutuhkan sejumlah persyaratan administrasi dan rekomendasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga. Selama persyaratan itu belum terpenuhi lengkap, maka dana hibah tak bisa diambil dari rekening KONI alias terblokir.

"Di NPHD sudah jelas. Kami membantu memverifikasi, awal sudah berjalan. Ketika pencairan ada kesepakatan bagaimana kelengkapan (berkas dokumen) pencairan tersebut. Kami dorong bagaimana komunikasi kami lakukan dengan pengurus cabang olahraga melalui KONI. Setiap pencairan melengkapi berkas yang dimaksud," kata Jumari.

Dispora hanya mengecek berkas itu, bukan memverifikasi "Ada ayat di NPHD, pencairan menunggu kelengkapan berkas. Tapi bukan berarti kami mempersulit," kata Jumari. [wir/suf]

Tag : koni

Komentar

?>