Sabtu, 22 September 2018

DPRD Sidak Stadion GBT, Inilah yang Ditemukan

Rabu, 03 Januari 2018 21:24:02 WIB
Reporter : Arif Fajar Ardianto
DPRD Sidak Stadion GBT, Inilah yang Ditemukan

Surabaya (beritajatim.com) - Pimpinan DPRD Kota Surabaya melakukan peninjauan ke Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (3/1/2018). Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji, Wakil Ketua DPRD Masduki Toha, Ketua Komisi C Syaifuddin Zuhri dan anggota Komisi C Vinsensius Awey meninjau lahan Pemkot di sekitar GBT yang berpotensi untuk dijadikan lahan parkir.

Didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya M Afghany Wardhana, dan juga dari managemen Persebaya, para wakil rakyat tersebut berupaya untuk mencarikan solusi untuk penyediaan lahan parkir di GBT.

Usai melakukan peninjauan di kawasan GBT, rombongan tersebut juga meninjau kawasan sirkuit. Armuji juga sempat meminta diperlihatkan layout peta kawasan GBT dan juga sirkuit.

"Setelah kami berkeliling dan melihat kawasan GBT masih banyak sisa lahan milik Pemkot yang bisa dijadikan untuk lahan parkir. Setidaknya ada tiga titik yang kita tadi lihat bisa digunakan parkir," ucap Armuji.

Tiga titik tersebut ada di sisi utara dan selatan GBT. Selain itu juga ada di sisi utara dan selatan sirkuit GBT. Lahan tersebut saat ini memang masih lahan tidur. Yang banyak ditumbuhi alang-alang dan belum ada fungsional pemanfaatan.

Lahan itu dikatakan Armuji bisa dilakukan penyiapan untuk kemudian digunakan sebagai lahan parkir. Baik untuk sepeda motor roda dua maupun untuk kendaraan roda empat. Namun menurut politisi PDIP ini, yang dijadikan prioritas adalah untuk parkir  kendaraan roda dua.

"Kami mendorong Pemkot untuk segera melakukan penyiapan. Cukup diuruk atau dibersihkan alang-alangnya supaya bisa dimanfaatkan sebagai parkiran," katanya.

Armuji memberikan waktu setidaknya satu pekan pada Pemkot untuk membereskan masalah penyiapan lahan parkir tersebut.

Jika penyiapan lahan parkir di GBT sudah rampung, maka Armuji yakin GBT akan siap untuk dimanfaatkan untuk even erskala nasional maupun internasional. Termasuk even piala presiden. '

"Tentu siap, dari sarana prasana gedungnya sudah bagus dan memenuhi standar. Dan dengan penyiapan lahan parkir yang juga diperluas, maka saya rasa tidak ada alasan untuk tidak siap," katanya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Masduki Toha. Poltisi PKB ini mengatakan di sisi selatan GBT terdapat bangunan liar  yang mangkrak sisa kontraktor.

Jika bangunan itu dibongkar bisa digunakan untuk perluasan penyediaan lahan parkir suporter bola yang datang menonton pertandingan di GBT.

"Kami sudah  meminta ke Dispora untuk membuatkan surat untuk permintaan pembongkaran. Minggu ini harus sudah bersih, sehingga Pemkot bisa melakukan penyiapan lahannya," ucap Masduki.

Selain itu nantinya setiap penyewa GBT harus menyiapkan personel untuk melakukan pengawasan dan mengarahkan parkir di kawasan GBT, bukan di kampung arah akses ke GBT yang biasanya dilakukan warga.

"Itu sebenarnya yang membuat macet. Ada jukir nakal yang membuat pengumuman di GBT parkirnya penuh," kata Masduki.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya M Afghany Wardhana mengatakan tiga titik potensi parkir yang akan dijadikan lahan parkir itu akan segera disiapkan lahannya.

"Akan segera kita urug lima tiga yang kita gunakan untuk parkir tersebut. Selama ini memang tidak digunakan karena masuk lahan terbuka hijau," tegas Afghan.

Dalam penyiapan lahan parkir tersebut, Pemkot bersama dinas teknis yang lain akan hanya melakukan sebatas pengurukan tanah dan diratakan. Sayangnya tidak bisa diikuti dengan upaya melakukan pemavingan.

"Karena fungsinya di perencanaan kota untuk ruang terbuka hijau. Jadi ya tidak bisa kita paving, hanya diratakan supaya bisa digunakan untuk parkir. Sebab kalau untuk parkir di sirkuit jelas tidak boleh," pungkasnya. [rif/but]

Tag : persebaya

Komentar

?>