Rabu, 22 Nopember 2017

Askab PSSI Jember: Belum Tentu Semua Klub Bisa Ikut Galadesa

Rabu, 08 Nopember 2017 22:46:19 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Askab PSSI Jember: Belum Tentu Semua Klub Bisa Ikut Galadesa
Ketua Askab PSSI Jember Sutikno

Jember (beritajatim.com) - Asosiasi Sepak Bola Kabupaten (Askab) PSSI Jember tak terlalu yakin semua klub anggota akan bisa mengikuti turnamen Liga Sepak Bola Desa (Galadesa) yang akan digelar pada November-Desember 2017 ini.

"Semua serba darurat. Kami sudah verifikasi. Saya yakin banyak klub yang tidak akan ikut. Tapi kami sediakam sanksi, kalau tidak ikut, maka akan turun divisi (degradasi)," kata Ketua Askab PSSI Jember Sutikno.

Turnamen tersebut dibiayai dengan anggaran operasional Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) dan diselenggarakan Askab PSSI Jember sebagai pengganti sementara kompetisi internal tahun ini. Anggaran yang disediakan dari Perubahan APBD 2017 sekitar Rp 300 juta.

Sutikno mengatakan, ada empat divisi dalam piramida kompetisi internal selama ini. Kepanitiaan turnamen sudah dibentuk setiap divisi, dan mereka diminta bekerjasama dengan Dispora Jember. "Saya satu rupiah pun tidak mau membengkokkan. Karena ini ada program Galadesa dari bupati, kini bagaimana kami tetap bisa memutar kompetisi dan Galadesa tetap berjalan. Nanti ini satu kompetisi, hanya istilahnya saja (Galadesa)," katanya.

Sutikno melihat substansi Galadesa yang menjadi ide Bupati Faida dengan kompetisi internal Askab PSSI Jember sebenarnya sama. "Klub-klub kan juga dari desa-desa. Nanti kami atur teknisnya: misalkan klub A disebutkan dari desa X. Karena ini diembel-embeli Galadesa, nanti akan ada penyebutan klub itu dari desa mana. Yang penting pemainnya harus ber-KTP Jember," katanya.

Rencananya, Galadesa akan menggunakan sistem grup atau home tournament atau setengah kompetisi. "Kami akan sesuaikan dengan anggarannya, karena per divisi dianggarkan Rp 75 juta. Kami akan rembukan dengan klub," kata Sutikno. [wir/suf]

Tag : pssi jember

Komentar

?>