Rabu, 22 Nopember 2017

Askab PSSI: Anggaran Liga Pelajar Jember Terlalu Besar

Senin, 06 Nopember 2017 21:59:51 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Askab PSSI: Anggaran Liga Pelajar Jember Terlalu Besar

Jember (beritajatim.com) - Ketua Asosiasi Sepak Bola Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sutikno mengkritik besarnya anggaran liga pelajar yang diselenggarakan Dinas Kepemudaan dan Olahraga setempat.

Rencananya, liga pelajar akan diikuti 32 sekolah menengah atas dan 64 tim sekolah menengah pertama dengan sistem gugur, mulai Rabu (8/11/2017). Pemerintah Kabupaten Jember mengalokasikan Rp 321 juta dalam APBD 2017 untuk turnamen tersebut.

Sutikno siap mendukung kegiatan itu. "Tapi anggaran Rp 321 juta, saya rasa perlu dihitung lagi. Dengan sistem gugur, ngapain biayanya Rp 300 juta lebih? Ini perlu ditinjau ulang. Sesuai saran bupati, kita harus tegak lurus dan sesuai dengan motto beliau (3 B: Baik Tujuannya, Betul Caranya, Benar Hukumnya)," katanya, Senin (6/11/2017).

Sutikno membandingkannya dengan biaya liga sepak bola desa (galadesa) yang melibatkan 76 klub dan terbagi empat divisi yang memakan anggaran Rp 300 juta. "Sistemnya pakai setengah kompetisi. Setiap divisi cuma Rp 75 juta. Bandingkan dengan liga pelajar. Ini sangat njomplang. Kalau sistem gugur seperti itu, Rp 150 juta sudah cukup di luar uang hadiah pembinaan. Jadi mohon dicermati lagi, karena kalau tidak sesuai motto bupati kan sama saja tidak menjalankan amanat beliau," katanya.

Selain itu, Sutikno meminta kepada Pemkab Jember agar menggratiskan biaya pendaftaran tim peserta dan tiket penonton. "Kalau tahun sebelumnya, ada uang pendaftaran Rp 250 ribu per sekolah dan ditiketkan. Kadang sekolah dikirimi tiket penonton (untuk dijual). Kalau tim sekolah itu lolos akan dikirimi tiket pertandingan selanjutnya. Selain itu tahun sebelumnya ada tiket yang dijual di umum di lokasi pertandingan," katanya.

Kepala Dispora Jember Dedi M. Nurahmadi berharap Askab PSSI terlibat dalam liga pelajar. "Bagaimana pun persepakbolaan tidak lepas dari PSSI," katanya. [wir/suf]

Tag : pssi jember

Komentar

?>