Sabtu, 18 Nopember 2017

Perempat Final Piala Suratin

Macan Raung Diterkam Elang Jawa di Maguwoharjo

Senin, 23 Oktober 2017 20:38:26 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Macan Raung Diterkam Elang Jawa di Maguwoharjo

Jember (beritajatim.com) - Berakhir sudah perjalanan Persid Jember U17 dalam turnamen sepak bola Piala Suratin. Tim yang berjuluk Macan Raung ini kalah dari tuan rumah PSS 1-3 (0-1), dalam pertandingan perempat final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta, Senin (23/10/2017).

Tiga gol PSS dicetak Satrio Wahyu pada menit 37, Dominico Savio pada menit 60, dan Devin Perdana pada menit 62. Gol balasan Persid dicetak sang kapten Richard Arbed Anderson pada menit 53. Pemain belakang Persid Marten Reyler Watumlawar harus keluar lapangan pada menit 58 setelah terkena akumulasi dua kartu kuning.

Dua kesebelasan bermain ofensif. Pelatih Persid Fachmi Amiruddin menginstruksikan anak-anak asuhnya mencuri gol cepat. Setidaknya ada dua peluang emas yang dimiliki pada menit-menit awal babak pertama, dari kaki Richard dan Titan Agung Bagus Fawwazi. Namun tendangan kedua pemain itu membentur tiang gawang Sleman. Persid malah kecolongan lebih dulu dari tim Elang Jawa delapan menit sebelum pertandingan babak pertama berakhir.

Persid tak gentar. Mereka biasa tertinggal lebih dulu dan selalu bisa menyamakan kedudukan, bahkan memenangkan pertandingan. Benar saja, di bawah tekanan suporter PSS, Richard justru berhasil mencetak gol penyama kedudukan. Angin kini di kubu Persid.

Namun kartu merah untuk Marten Reyler mengubah segalanya. Kartu kuning pertama untuk Marten dinilai wajar oleh Fachmi, karena menekel pemain PSS dengan keras. Namun kartu kuning kedua seharusnya tak terjadi. Marten mencoba menghadang bola dengan menjatuhkan diri. Berhasil. Sialnya, saat pemain PSS melompat, kakinya tersandung paha Marten. Wasit melihat ini sebagai pelanggaran.

Dalam tempo empat menit setelah Marten keluar dari lapangan, PSS mencetak dua gol tambahan ke gawang Persid yang dijaga Yulian Nurrahmaddani. Semangat anak-anak Persid bangkit untuk membalas ketertinggalan. Tapi situasi sudah berubah. Fachmi terpaksa menarik Muhammad Rifki Rizal dari posisi penyerang ke posisi bek kanan menggantikan Marten. Persid kini memainkan dua penyerang, yakni Andhika dan Titan. "Kekuatan kami tereduksi. Keseimbangan tim hilang," kata Fachmi.

Apapun hasil pertandingan hari ini, Fachmi puas dengan anak-anak asuhnya. "Kartu merah membuat momentum hilang. Seharusnya bisa mendekat, malah berbalik," katanya. [wir/but]

Komentar

?>