Selasa, 21 Nopember 2017

Berni: Kapolres Jember Memahami Suporter Sepak Bola

Minggu, 22 Oktober 2017 21:12:25 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Berni: Kapolres Jember Memahami Suporter Sepak Bola

Jember (beritajatim.com) - Ketua Umum Kelompok Suporter Berni (Jember Brani) Agus Rizki mengatakan, pemberian penghargaan kepada Kepala Kepolisian Resor Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo adalah hal yang pantas. Kusworo dianggap bisa memahami suporter sepak bola.

"Saya tidak bisa membayangkan, bagaimana Jember ini jika tidak ada Pak Kusworo. Apa yang akan terjadi. Saya tidak bisa membayangkan," kata Agus, Minggu (22/10/2017).

Kusworo sejak awal intensif melakukan pendekatan kemanusiaan kepada kelompok suporter Berni. Saat Berni berencana melakukan unjuk rasa dengan cara membangun tenda di depan Pendapa Wahyawibawagraha selama sebulan penuh, Kusworo langsung melakukan pendekatan. Begitu juga saat Berni berencana mengepung kantor DPRD Jember saat sidang paripurna, karena memprotes tidak direalisasikannya dana hibah untuk Persid.

"Beliau memberikan pengertian kepada kami dan menawarkan diri menjadi mediator," kata Agus. Akhirnya aksi demo dan pengepungan tersebut dibatalkan setelah ada jaminan dari Kapolres bahwa suporter bisa berkomunikasi dengan Bupati Faida.

Puncaknya, Agus bisa melihat bagaimana Kusworo bekerja keras mengamankan pertandingan Persebaya melawan Semeru FC di Stadion Jember Sport Garden, 4 Oktober 2017. "Kapolres berhasil mencegah pertumpahan darah," katanya. 

Agus melihat sendiri bagaimana Bonek sudah ingin melakukan perlawanan terhadap kelompok massa yang hendak menyerang mereka. Namun Kusworo berhasil meredam Bonek dan membubarkan kelompok massa yang menunggu di sejumlah titik yang akan dilalui rombongan suporter dalam perjalanan pulang ke Surabaya. "Jika tidak, pasti akan terjadi pertumpahan darah," katanya.

"Pak Kusworo berhasil menciptakan Jember tetap kondusif dan sesuai dengan keinginan Berni: bahwa Jember aman dan nyaman untuk semua kelompok suporter di Indonesia," kata Agus. [wir/ted]

Komentar

?>