Sabtu, 16 Desember 2017

Persid Jember Tutup Kompetisi dengan Kemenangan

Kamis, 21 September 2017 08:20:22 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Persid Jember Tutup Kompetisi dengan Kemenangan

Jember (beritajatim.com) - Persid Jember menutup kompetisi sepak bola Babak 12 Besar Liga 3 Grup G Zona Jawa Timur dengan kemenangan 1-0 (0-0) atas PSPK Kota Pasuruan, di Stadion Jember Sport Garden, Rabu (20/9/2017).

Satu-satunya gol dicetak  M. Ikhwan pada menit 52. Namun kemenangan ini tidak dirayakan berlebihan, karena enam angka yang diraih Persid dari dua kemenangan dan dua kekalahan tak bisa membawa klub berjuluk Macan Raung itu ke babak semifinal. Tiket semifinal sudah dikantongi Deltras yang mengemas tujuh angka dari dua kemenangan, satu kali seri, dan sekali kalah.

Pertandingan babak pertama berjalan dalam tempo relatif sedang. Persid dan PSPK tak terlalu ngotot, karena apapun hasilnya tak mempengaruhi posisi klasemen yang dipuncaki Deltras. Namun kendati bermain tak terlampau kencang, Persid mendominasi pertandingan. Praktis pemain PSPK tak memiliki peluang tembakan tepat ke arah gawang Persid yang dijaga Setyo Arbi Utomo.

Tiga penyerang Persid, M. Ikhwan, Ali Hasan, dan David Erfandi berkali-kali membombardir gawang Herman. Ikhwan sempat  melakukan tendangan salto setelah mendapat operan silang dari Ajudya Eka. Namun bola melenceng. Ali Hasan sempat mengirimkan bola keras ke gawang PSPK, namun bisa ditepis Herman.

Babak kedua, pelatih Persid Ahmad Jainuri menginstruksikan anak-anak asuhnya meningkatkan tempo. Ia tak ingin Persid kalah di kandang sendiri. Hasilnya serangan cepat para pemain Persid membuat bek PSPK Sulaiman melakukan kesalahan. Bola mengenai tangan aktifnya di dalam area kotak terlarang, dan ini cukup untuk membuat wasit Firmansyah Basuki menunjuk titik putih penalti.

Bola yang dieksekusi Ali Hasan pada menit 52 sebenarnya bisa diblok Herman. Namun bola memantul dan jatuh di kaki Ikhwan yang langsung menyelesaikannya dengan tenang. Ini menjadi satu-satunya gol. Beberapa peluang gagal dimanfaatkam para pemain Persid. Salah satunya tendangan keras Ali Hasan dari sudut sempit yang mengenai tiang kanan gawang PSPK.

Dengan hasil ini, Persid berada di peringkat kedua Grup G. Kendati gagal, Persid mencatatkan prestasi terbaik selama satu dekade terakhir: tidak pernah kalah di kandang sepanjang kompetisi berlangsung. "Syukur alhamdulillah. Anak-anak bisa main dan maksimal," kata Jainuri.

Jainuri menyesal tidak bisa membawa pasukannya ke semifinal. "Kami dirugikan jadwal, harus menjalani dua laga away beruntun melawan PSPK di Pasuruan dan Deltras di Sidoarjo. Saya yakin kalau habis home, away, lalu home lagi, tak akan gagal seperti ini," katanya. [wir/suf]

Komentar

?>