Senin, 20 Nopember 2017

20 Tim Balap Sepeda Tertantang Rute Ekstrim Tour de Ijen

Kamis, 14 September 2017 13:12:46 WIB
Reporter : Rindi Suwito
20 Tim Balap Sepeda Tertantang Rute Ekstrim Tour de Ijen

Banyuwangi (beritajatim.com) – Salah satu yang menjadi daya tarik ajang balap sepeda internasional di Banyuwangi atau International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) adalah tanjakan menuju Gunung Ijen. Pasalnya, rute ini dikenal sebagai salah satu yang terekstrem di Asia.

Ketinggiannya melampaui tanjakan di Genting Highland dalam Tour de Langkawi Malaysia yang berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl.

Setidaknya, terdapat 20 tim balap sepeda dengan pembalap dari 29 negara ikut tertantang rute ekstrem ITdBI yang bakal digeber 27-30 September 2017 mendatang itu. Antara lain Iran, Jepang, Korea Selatan, Afrika selatan, dan Eritria. Juga ada dari Prancis, Itali, Belanda, Rusia, Irlandia, Swiss, Jerman, Australia, Kolombia, dan New Zealand.

“Banyuwangi siap memberikan kompetisi yang tidak hanya bergengsi, tapi juga menantang dan memberikan pengalaman yang berbeda bagi para pembalap tersebut, karena kami memadukannya dengan budaya. Jadi ini ajang balap sepeda internasional yang unik. Publik luar senang karena baru kali ini lihat ada balap sepeda tapi di sepanjang rute ada salawatan, tari, sampai musik lokal," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kamis (14/9/2017).

Selain itu, balapan ini menjadi ajang balap sepeda terbaik di Indonesia menurut penilaian Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI). Tak hanya itu, balap sepeda ini menjadi pembeda dan special bagi Banyuwangi.

“Banyuwangi menjadikan ajang sport tourism sebagai bagian dari promosi ke dunia internasional,” kata Bupati Anas. (rin/ted)

Tag : balap sepeda

Komentar

?>