Jum'at, 15 Desember 2017

Jokowi: Aduh, Serem Banget!

Minggu, 13 Agustus 2017 15:42:02 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Jokowi: Aduh, Serem Banget!
Muhammad Agung Prayogo peragakan silat

Jember (beritajatim.com) - Muhammad Agung Prayogo, siswa SMA Negeri Kalisat menampilkan atraksi pencak silat Cimande secara spontan di hadapan Presiden Joko Widodo dalam acara acara pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMP Negeri 7, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (13/8/2017).

Agung maju ke panggung setelah Jokowi meminta siswa yang memiliki kemampuan bela diri untuk tampil. "Agung, benar bisa silat?" tanya Jokowi.

Agung mengaku menguasai pencak silat Cimande aliran Pringkel dari Kecamatan Ledokombo. "Ini alirannya baru, termasuk Cimande," katanya.

"Diumpakan kamu diserang, kamu ngapain? Coba saya lihat, di bawah (panggung) boleh. Coba kamu peragakan sendiri. Dibayangkan sendiri ada musuh," kata Jokowi, disambut tawa hadirin.

Agung kemudian menjelaskan beberapa gerakan yang diperagakannya. "Misalkan kita berhadapan dengan perampok," katanya.

"Waduh, serem banget," kata Jokowi, disambut tawa.

"Kita ambil posisi siap. Kalau perampok itu memegang pisau, jangan takut, jangan gelagapan. Anggap saja pisau tersebut sesuatu yang menyenangkan kita," kata Agung.

"Aduh, masa pisau menyenangkan? Bagaimana? Ya takut. Sama perampok ya takut, masa tidak takut, coba," sahut Jokowi, disambut tawa.

Agung menjelaskan juga cara menghadapi lawan yang bersenjata pedang atau celurit. "Kalau celurit mungkin lebih mudah menangkapnya. Misalkan istilah Maduranya itu 'dipedeng', kita bisa maju dan tarik siku-sikunya, kita arahkan celurit itu ke lehernya," katanya.

Jokowi lantas meminta Agung segera memeragakan. "Cepat saja sudah. Kita mbayangin kamu 'dipedeng'. Coba yang lain yang cepat, tidak usah diterangkan, beberapa jurus. Belum disuruh berhenti kok sudah mau berhenti," katanya, disambut tawa.

Jokowi memuji kemampuan Agung. Saat Agung berhenti karena kecapekan, Jokowi pun meledek. "Baru gitu aja capek," katanya.

Saat ada jurus silat yang ganjil, Jokowi pun tak segan-segan 'nyeletuk'. "Ngapain tuh? Nah itu bagus, kena sudah," katanya.

Usai Agung beraksi, Jokowi mengingatkan seluruh hadirin agar mencintai pencak silat. "Kita tahu semuanya pencak silat adalah seni bela diri asli Indonesia. Anak-anakku semua kalau ingin mempelajari seni bela diri pencak silat sangat bagus. Ini adalah seni bela diri asli Indonesia yang terus kita gaungkan agar dikenal di seluruh dunia," katanya.

Agung pun memperoleh hadiah sepeda dari Jokowi. "Ini sepedanya tidak murah. Ini sepeda mahal. Bukan harga sepedanya. Tapi di sini ada tulisannya 'Hadiah Presiden Jokowi'. Yang mahal itu," katanya. [wir/ted]

Tag : pencak silat

Komentar

?>