Senin, 25 September 2017

Bagian Hukum: Hibah Persid Tak Ada Masalah dari Sisi Regulasi

Selasa, 11 Juli 2017 21:38:33 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Bagian Hukum: Hibah Persid Tak Ada Masalah dari Sisi Regulasi
Kepala Dispora Jember Dedi M. Nurahmadi

Jember (beritajatim.com) - Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten Jember Ratno Sembodo Cahyadi menyatakan, usulan dana hibah Rp 1 miliar dari APBD 2017 untuk klub sepak bola Persid masih dalam proses finalisasi dan harmonisasi.

Ratno mengatakan, proposal dana hibah itu masih diajukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk dievaluasi. "Disesuaikan dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) Dispora. Posisinya masih di Dispora untuk dievaluasi lagi," katanya.

"Harmonisasinya supaya tidak ada tumpang tindih antara kegiatan pengembangan dan pembinaan olahraga dengan apa nanti yang akan dilakukan Persid. Teknisnya tentu saja di teman-teman Dispora," kata Ratno.

"Jadi ada (kegiatan) yang bisa dilakukan Dispora dalam pengembangan persepakbolaan di Kabupaten Jember dan ada yang bisa dihibahkan di Persid. Khusus Persid dalam tanda kutip. Tapi sebenarnya tupoksi untuk pengembangan olahraga, termasuk persepakbolaan, juga bagian tugas Dispora. Di wilayah itu yang perlu kami harmonisasi dan finalisasi," tambah Ratno.

Ratno tak bisa memastikan waktu yang dibutuhkan untuk harmonisasi dan finalisasi. "Tergantung Dispora untuk menyampaikan kepada kami beberapa hal yang harus dianalisis dan dikaji. Kalau ke bupati lebih cepat, sepanjang teman-teman OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sudah siap," katanya.

Apa solusi mempercepat proses itu? "Tergantung teman-teman OPD untuk memfinalisasi secepatnya. Kalau sudah sampai di meja saya di Bagian Hukum, segera pada saat itu juga akan kami ajukan. Tak ada masalah sebenarnya dari sisi itu," kata Ratno.

Dari sisi regulasi hibah Persid tak ada masalah? "Tidak ada masalah, karena itu sudah bagian dari yang sudah dianggarkan, evaluasi juga sudah dilakukan dari tahap awal. Tinggal diharmonisasi dan difinalisasi saja," kata Ratno.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jember Dedi M. Nurahmadi membenarkan jika sudah mengajukan usulan hibah untuk Persid ke Bagian Hukum. "Sudah kami ajukan ke Bagian Hukum. Hukum sudah oke. Tinggal nge-desk (dengan Bupati Faida, Red). Masih ada beberapa hal yang memang perlu dipertimbangkan. Tapi yang jelas itu sudah masuk semua," kata Dedi.

Apa saja yang perlu dipertimbangkan itu? "Kalau dari saya, tidak ada. Tinggal menunggu keputusan," kata Dedi. [wir/kun]

Komentar

?>