Minggu, 18 Nopember 2018

Kualitas Rumput SGRP Pamekasan Bertaraf Internasional

Rabu, 21 Juni 2017 21:48:36 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Kualitas Rumput SGRP Pamekasan Bertaraf Internasional

Pamekasan (beritajatim.com) - Kualitas rumput Stadion Gelora Ratu Pamelingan (SGRP) Pamekasan yang terletak di Desa Ceguk, Kecamatan Tlanakan, dinilai berkualitas dan bertaraf internasional.

Hal itu disampaikan tim ahli perawat rumput SGRP Pamekasan Heri Gunawan yang saat ini tengah fokus melakukan perawatan umput stadion yang dijadikan markas tiga tim berbeda pada kompetisi resmi sepakbola tanah air, Madura United FC, Pamekasan FC dan Persepam-MU.

"Menurut kami rumputnya sangat bagus, namun kultur dan perawatannya yang harus dijaga semaksimal mungkin. Sehingga nantinya kondisi rumput tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu tipis (pendek)," kata Heri Gunawan, Rabu (21/6/2017).

Seharusnya keberadaan rumput terus mendapatkan perawatan maksimal, sebab hal itu menjadi salah satu faktor penunjang kualitas pemain. "Kualitas rumput dan lapangan secara umum sangat mempengaruhi akselerasi pemain saat bertanding, sehingga sangat perlu memperhatikan perawatan," ungkapnya.

"Kalau rumputnya tinggi, maka pantulan bola tidak sesuai dengan keinginan pemain. Jadi saat ini kami kira masalah rumput sudah tidak ada masalah, apalagi mulai kemarin kita hanya melakukan pemerataan saja," jelasnya.

Pihaknya memastikan kondisi rumput SGRP Pamekasan saat ini sudah 98 persen siap digunakan untuk pertandingan resmi. "Kemarin itu masalahnya bergelombang, apa karena permukaannya bergelombang atau memang karena dipakai secara terus menerus. Tapi Juli (2017) nanti silahkan dipakai," tegasnya.

Selain itu, perawatan rumput stadion memang membutuhkan waktu dan harus dilakukan secara berkala. Termasuk juga mengatur posisi lapangan agar sesuai dengan standar. "Sebenarnya rumput ini jenisnya sama dengan stadion lain, tapi tidak semua stadion menggunakan rumput (jenis zoysia matrella) seperti ini," imbuhnya.

"Idealnya rumput ini dipakai tiga kali seminggu, itupun tidak termasuk latihan fisik. Karena latihan fisik itu bebannya keras, sehingga kondisi lapangan tidak stabil. Apalagi disini ada tiga tim lokal yang akan menempati, jadi sangat memungkinkan," pungkasnya.

Heri Gunawan merupakan salah satu tim ahli perawat rumput, ia memiliki pengalaman mempuni dalam membenahi berbagai macam rumput di sejumlah stadion berbeda di Indonesia. Di antaranya Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Stadion Patriot Bekasi, Stadion Gelora Bangkalan (SGB) Madura dan sejumlah stadion lainnya. [pin/but]

Komentar

?>