Sabtu, 24 Juni 2017

Persebaya Pakai Formasi 4-3-2-1 Lawan Madiun Putra

Kamis, 20 April 2017 12:33:18 WIB
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Persebaya Pakai Formasi 4-3-2-1 Lawan Madiun Putra

Surabaya (beritajatim.com) - Menggunakan formasi 4-3-2-1, Persebaya mematok poin penuh pada pertandingan perdana di Liga 2 hari ini, Kamis (20/4/2016) melawan Madiun Putra. Meski diunggulkan, Rendi Irawan Saputra dkk harus percaya diri dan tidak mudah terpancing permainan cepat dan keras dari Madiun Putra.

Kepercayaan diri tinggi diungkapkan oleh Pelatih Persebaya Iwan Setiawan. Dia mengatakan, tak perlu ada yang ditakuti dari permainan Madiun Putra yang diasuh Sartono Anwar. Hanya dari dalam diri tim sendiri yang perlu diwaspadai.

"Saya tidak takut sama Madiun Putra. Pasti tim tersebut bakal bermain grusa-grusu. Main mereka pasti fight. Dimana ada bola, pemain akan lari menuju bola," ujar Iwan.

Iwan tampaknya paham betul dengan karakter permainan dari tim berjuluk the blue force tersebut. Permainan cepat dan keras biasa diterapkan oleh klub Liga 2 bakal diwaspadai. Untuk itu, pelatih asal Aceh itu berharap anak asuhnya bisa menerapkan strategi yang telah dilakukan selama latihan. Kosentrasi selama 90 menit mutlak harus dipertahankan oleh Rahmad Afandi dkk.

"Artinya sepanjang bisa bermain dengan organisasi seperti yang telah kita lakukan selama latihan ini. Yakni kedalaman, balance, kemiringan dan cover dengan baik. Sepanjang masih bisa jaga itu, insyaallah enak lah nanti permainan," paparnya.

Pada pertandingan nanti, sepertinya akan ada pergeseran skema. Ridwan Awaludin yang sebelumnya selalu dipasang sebagai gelandang. Pada pertandingan lawan Madiun Putra bakal menempati posisi baru sebagai pemain bertahan menemani Rahmat Irianto dan Rahmat Lalief. "Kami memang kekurangan posisi center back. Maka dari itu Ridwan Awaludin akan diplot diposisi canter back," beber Iwan.

Memiliki kemampuan membaca serta memotong aliran bola lawan. Diharapkan Awal mampu menghentikan serangan anak asuh Sartono. "Dia biasa main di lapangan tengah. Selalu sering dituntut membaca bola dengan baik ketika bermain di lapangan tengah. Saya berharap nanti akan memberikan ritme game yang bagus," urainya.

Sementara itu, punggawa anyar Persebaya, Yogi Novrian diharapkan bisa beradaptasi dengan cepat. Sehingga memberikan opsi di lini serang tim berjuluk bajul ijo itu. Pengalaman bermain di level yang lebih tinggi mampu memberikan efek yang luar biasa bagi tim. Mengingat kondisi Rahmad Afandi yang masih dalam tahap pemulihan cedera hamstring diragukan tampil.

"Rahmad afandi dan Yogi memiliki karakter permainan yang berbeda. Jika Rahmad Afandi lebih pada target man. Sehingga dia banyak diam menunggu. Yogi tipe stiker yang lari dan juga memiliki penestrasi bagus," urainya. [way/but]

Formasi: 4-3-2-1

Kiper: Dimas Galih.
Pemain bertahan: Mat Halil. Rahmat Irianto. Ridwan Awaludin. Abdul Aziz.
Gelandang: Seimima. Misbakhus Solikin. Oktafianus Fernando. Rendi Irwan. Taufan Hidayat.
Depan: Yogi Novrian.

Tag : persebaya

Komentar

?>