Sabtu, 24 Februari 2018

Jember United Konsisten dengan Sepak Bola Menyerang

Rabu, 08 Maret 2017 17:20:39 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Jember United Konsisten dengan Sepak Bola Menyerang
Jember United berlatih

Jember (beritajatim.com) - Klub sepak bola amatir asal Kabupaten Jember, Jember United, konsisten dengan filosofi sepak bola menyerang saat berlaga dalam kompetisi Liga 3 dan Piala Suratin mendatang. Ketua Umum Jember United Sirajuddin menolak sepak bola pragmatis yang hanya mendasarkan diri pada hasil akhir.

"Dengan menyerang, dan membatasi zona serangan lawan. Ketika kami menyerang, tim lawan tak akan bisa menyerang," kata Sirajuddin, yang pernah menjadi pemain sepak bola amatir di Persebi Bima.

Dengan menyerang, lanjut Sirajuddin, Jember United lebih menghemat tenaga. "Jauh lebih berat bertahan daripada menyerang. Lagipula kalau kami menyerang, peluang untuk menang ada daripada bertahan," katanya.

Sirajuddin tak begitu menyukai taktik serangan balik."Taktik serangan balik (counter attack) itu lucky football (sepak bola keberuntungan). Ini tidak menguntungkan sebenarnya," katanya.

Sirajuddin percaya sepak bola menyerang akan lebih bisa menarik motivasi pemain untuk menang daripada sekadar bertahan. "Anak-anak akan punya kepercayaan diri tinggi dan kemauan juara," katanya.

Sirajuddin banyak belajar dari pelatih tim nasional Indonesia U19, Indra Sjafri. Dia menyebut Indra tak ubahnya direktur teknik bagi Jember United sejak 2014.

Sirajuddin mengakui, Indra memiliki peran atas sukses Jember United menjuarai Piala Suratin 2014. Sebelum pertandingan final, Indra menyarankan kepada pemain Jember United agar mengonsumsi es krim. "Indra Sjafri bilang: 'Pak Siraj, jangan lupa jam dua, anak-anak dikasih es krim semua'," katanya.

Nasihat itu, menurut Sirajuddin, sangat berdampak terhadap kondisi psikologis, para pemain menjadi lebih tenang dan gembira. Selain itu, manajemen menyewa pelawak untuk menghibur dan membuat pemain rileks di ruang ganti sebelum pertandingan. "Itu rahasianya," katanya. [wir/kun]

Komentar

?>