Senin, 27 Februari 2017

Heru Susanto, Wasit Berlisensi FIFA yang juga Security

Wasit Sekedar Hobi, Security Adalah Pekerjaan Saya

Rabu, 11 Januari 2017 10:49:36 WIB
Reporter : Reza Dwi Aprilian
Wasit Sekedar Hobi, Security Adalah Pekerjaan Saya

Malang (beritajatim.com) - Heru Susanto, satu dari wasit Indonesia berlisensi FIFA akan bersiap memimpin jalannya pertandingan di kompetisi resmi PSSI yang akan bergulir bulan Maret mendatang.

"Iya ini sudah mulai persiapan, kami dari korps wasit sendiri sudah mulai mempersiapkan diri untuk laga mendatang," kata Heru kepada beritajatim.com, Selasa (10/1/2017) kemarin.

Selain sebagai pengadil lapangan hijau, bapak satu anak ini juga bekerja sebagai security di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dari pihak kampus, Heru mengatakan tidak menjadi soal ketika dirinya harus bertugas memimpin pertandingan. "Soal izin, tidak masalah. Kampus sudah memberi kemudahan kok. Soalnya ketika ditanya orang apa pekerjaannya, ya saya jawab security. Sebenarnya jadi wasit merupakan hobby, pekerjaan utama ya security ini," ungkapnya yang asli Malang.

Lebih jauh, Heru yang ditemui di sela bekerja di kampus itu, menceritakan ihwal mula bagaimana ia bisa menjadi wasit hingga sekarang.

Katanya, semua itu bermula saat adanya tawaran kursus menjadi wasit dari tetangganya yang merupakan komisi wasit di Pengcab PSSI Malang (Sekarang Asosiasi PSSI Malang, red).

Walau pun saat itu sekedar iseng, ternyata lolos dalam kursus lisensi wasit C-3 pada 2004. Maka, beberapa kursus wasit pun diikuti hingga sampai tahun 2013, pria berusia 37 tahun itu mendapatkan lisensi FIFA. Kini, Heru adalah satu dari 5 wasit yang memegang lisensi FIFA di Indonesia. Selain Heru, ada Thoriq Alkatiri, Faulur Rozy, Retu S. Wijaya dan Agus Fauzan Arifin.

Dikatakan Heru, selama menjadi wasit, aksi nakal suporter, rasis hingga anarkis sudah sering dialami. Namun seiring dari kepemimpinannya yang tegas, membuat suporter masih bisa menerima kekalahan. "Kian hari alhamdulillah untuk sudah mulai berkurang aksi-aksi anarkisme yang terjadi," katanya.

Untuk harapannya ke depan, Heru mengaku ingin melihat sepak bola Indonesia semakin maju. "Termasuk timnas di kancah internasional," pungkasnya.(rez/kun)

Tag : wasit

Komentar

?>