Minggu, 22 Oktober 2017

Pakai Sarung

Gus Ipul Jalan Sehat Bershalawat Bareng Ribuan Warga

Minggu, 17 September 2017 10:15:09 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Gus Ipul Jalan Sehat Bershalawat Bareng Ribuan Warga

Surabaya (beritajatim.com) - Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menilai jalan sehat sarungan merupakan salah satu cara masyarakat mencintai budaya asli Indonesia.

"Sarung adalah budaya Indonesia. Kalau bukan kita, siapa yang melestarikannya," ujar Gus Ipul di sela jalan sehat bershalawat bareng ribuan warga yang digelar Karang Taruna 'Kerabat' RW VIII Bulak Banteng Wetan Surabaya, Minggu (17/9/2017) pagi.

Menurut dia, kegiatan ini bisa menjadi ikon karena tidak semua elemen bisa menyelenggarakan kegiatan serupa sehingga layak mendapat apresiasi.

Menurut dia, jalan sehat ini banyak manfaatnya dan bisa dilakukan dan digelar secara rutin dan berkelanjutan sebagai bentuk cinta terhadap budaya asli Indonesia.

"Jalan sehat sudah pasti sehat, ditambah lagi iringan bacaan shalawat dan kalimat puji-pujian terhadap Allah SWT, bahkan dilakukan dengan menggunakan sarung yang sejatinya memiliki banyak fungsi," kata Ketua PBNU ini.

Sarungan, kata dia, merupakan ciri khas Bangsa Indonesia sehingga tak ada alasan untuk tidak melestarikan tradisi, sekaligus membuatnya sebagai ciri khas Tanah Air, terutama Jatim.

Jalan sehat sarungan seperti ini juga sebagai wujud dan bentuk aspirasi masyarakat dalam menyambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriah.

"Tidak hanya tahun baru masehi saja, tapi justru Tahun Baru Islam atau Hijriah ini harus disambut gembira dan suka cita," tutur orang nomor dua di pemprov ini.

Tak itu saja, Gus Ipul juga mengingatkan masyarakat menjaga kesehatannya dengan cara tiga gemar, yaitu gemar berolah raga, gemar makan buah, sayur dan ikan, serta memeriksakan kesehatan setiap enam bulan sekali.

Sementara itu, pembina Karang Taruna 'Kerabat' Fiqih Arfani menyampaikan terima kasihnya kepada Wagub Jatim Gus Ipul yang menyempatkan hadir dan memberikan apresiasinya terhadap jalan sehat bershalawat yang digelar menyambut HUT ke-72 RI sekaligus Tahun Baru Islam 1439 H.

"Sebagai muslim maka perlu kiranya menyambut Tahun Baru Islam. Sedangkan jalan sehat bersarung menjadi perwujudan cinta terhadap budaya asli Indonesia," kata mahasiswa S2 Universitas Airlangga (Unair)  Surabaya ini.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya Buchori Imron, Ketua RW VIII Abdurrachman, lurah dan perangkat Muspika Kecamatan Kenjeran serta ribuan warga Bulak Banteng. (tok/kun)

Tag : gus ipul

Komentar

?>