Rabu, 21 Nopember 2018

Ke Rembang, Gus Ipul Cium Tangan Mbah Maemun Zubair

Sabtu, 10 Juni 2017 10:56:48 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Ke Rembang, Gus Ipul Cium Tangan Mbah Maemun Zubair
Gus Ipul Cium tangan KH Maemun Zubair di Rembang

Surabaya (beritajatim.com) - Jalinan silaturrahmi antarumat beragama wajib dijaga, khususnya dengan ulama dan kiai. Untuk memperkuat tali silaturrahmi itu, Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengunjungi Pondok Pesantren Al-Anwar, Karangmangu, Sarang, Kabupaten Rembang, Jateng, Jumat (9/6/2017).

Di Ponpes Al Anwar, Gus Ipul didampingi KH Fahrurrozi menemui KH Maemun Zubair. Selain bersilaturrahmi juga menghadiri Haul KH Zubair Dahlan.

"Haul, selain sebagai ajang bersilaturrahmi, juga menjadi saat untuk berkirim doa dan bernostalgia. Haul para pendiri dan masyayikh pesantren telah menjadi tradisi turun temurun, yang selalu melibatkan para alumni dan masyarakat luas. Kegiatan tersebut memiliki banyak makna terutama memastikan sanad ilmu," kata Gus Ipul.

Gus Ipul mengemukakan bahwa para masyayikh merupakan ulama yang memiliki ikatan kuat dalam sanad keilmuan, sekaligus pengamal ajaran Ahlussunnah wal-Jamaah.

Karena itu, Gus Ipul yang juga Ketua PBNU ini berharap kehadiran pada kegiatan haul memberikan keberkahan termasuk anak dan keluarga. "Bukan saja keberkahan hidup, tapi kelak mendapat syafaat karena berkah para ulama pesantren yang haulnya diperingati sekaligus sanad ilmu mereka sampai pada baginda Nabi Muhammad SAW," ujarnya.

Sanad ilmu dalam praktik keagamaan itu penting agar yang dilakukan tidak jauh, bahkan tersesat dari jalan yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. "Karena itu, perlu hati-hati memilih calon guru di tengah kehidupan, terlebih semakin sedikit ulama yang betul-betul memiliki integritas keilmuan serta kezuhudannya," jelasnya. (tok/ted)

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>