Selasa, 17 Oktober 2017

Gus Ipul: Pemprov Jatim Akan Ganti Sumur Ambles di Kediri

Selasa, 02 Mei 2017 20:47:52 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Gus Ipul: Pemprov Jatim Akan Ganti Sumur Ambles di Kediri

Kediri (beritajatim.com) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan membangunkan sumur baru untuk masyarakat di Kabupaten Kediri yang sumurnya ambles akibat fenomena alam. Rencana pemberian bantuan sumur itu kini dalam pembahasan pemprov.

Rencana itu disampaikan langsung Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf saat mendatangi lokasi fenomena sumur ambles di Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Gus Ipul beserta staf langsung berkoordinasi dengan perangkat desa setempat guna tindak lanjut rencana tersebut

"Sesuai data dari petugas peneliti, penyebab amblesnya sumur karena tanah asli dan tanah vulkanik Gunung Kelud  yang belum menyatu secara sempurna. Sehingga, sumur baru yang akan dibangun disesuaikan dengan kondisi tersebut," kata Gus Ipul, Selasa (2/5/2017).

Sesuai data desa, sejauh ini jumlah sumur ambles di Desa Manggis mencapai 133 unit. Sebagian besar warga telah menguruk sumur agar tidak terjadi gerusan susulan. sementara, jumlah gejala sumur ambles di Kecamatan Plosoklaten mencapai 46 sumur. Data ini lebih sedikit dari yang disampaikan pihak desa yakni mencapai 196 sumur dan sumur yang airnya keruh sebanyak 123 buah. (nng/kun)

Tag : gus ipul

Komentar

?>