Sabtu, 27 Mei 2017

Gus Ipul: Seniman Itu Ibarat Lilin

Minggu, 26 Februari 2017 07:33:27 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Gus Ipul: Seniman Itu Ibarat Lilin
Gus Ipul: Seniman yang memberikan banyak inspirasi dan kesejukan. [Foto: antok/bj.com]

Surabaya (beritajatim.com)--Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melantik kepengurusan Paguyuban Seniman (PAS) Jawa Timur di Studio TVRI Surabaya, Sabtu (25/2/2017) malam.

Diketuai Hj Lusiati Fauzi SH, paguyuban ini beranggotakan berbagai seniman, seperti musik, rupa, lukis, penyanyi, tradisional maupun pelawak.

PAS bertujuan mewadahi aspirasi sekaligus memikirkan masa depan para seniman yang nasib dan kesejahteraannya masih sering dipandang sebelah mata.

Gus Ipul berjanji akan terus menggali kebudayaan yang ada di Jatim, sekaligus melestarikannya, terutama yang berkaitan dengan seni tradisional termasuk ludruk serta kesenian tradisional lainnya.

"Sesuai dengan singkatan namanya yaitu PAS, itu ya pas, jangan lebih, nanti lebay dan jangan kurang, nanti ketinggalan. Tantangan seniman saat ini ya menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi, agar tetap bisa mengikuti dengan tetap mengusung konsep meskipun materinya lama," kata Gus Ipul.

Menurut Gus Ipul, tugas seniman adalah mengemas apapun seni yang diciptakan dan akan ditampilkan agar menjadi sesuatu yang menarik untuk ditonton.

"Untuk penikmat seni, baik itu penonton maupun pembaca, waktu satu menit pertama itu menentukan untuk menit berikutnya. Lead itu penting agar pembaca atau penonton terdorong untuk meneruskan ke menit berikutnya," katanya.

Namun demikian, Gus Ipul juga sepakat jika kehidupan seniman itu layaknya lilin, yang selalu menyinari dan membahagiakan lingkungan sekitarnya.

"Seniman itu bisa menyenangkan dan menginspirasi orang lain, tapi terkadang belum sempat memikirkan dirinya sendiri, seperti lilin," ujarnya.

Sementara itu, selain dihadiri puluhan seniman, acara kali ini juga dihadiri beberapa tokoh seperti Bupati Ngawi Ir S. Budi Sulistyono (Kanang), Gianto anggota Komisi C DPRD Jatim asal FPDIP dan Kompol Suparti, Kepala BNN Kota Surabaya. [air/tok]

Tag : gus ipul

Komentar

?>