Selasa, 25 April 2017

Gus Ipul: TKA Ilegal di Jatim Sekitar 200 Orang

Selasa, 10 Januari 2017 12:08:36 WIB
Reporter : Misti P.
Gus Ipul: TKA Ilegal di Jatim Sekitar 200 Orang

Mojokerto (beritajatim.com) - Wakil Gubenur Jawa Timur, Saifullah Yusuf menegaskan bahwa masih ada tenaga kerja asing (TKA) di Jawa Timur yang ilegal (menyalahgunakan visa). Sekitar 200 orang TKA tersebut memilih overstay (melebihi tenggat waktu) tinggal.

"Saya mendapat laporan dari Kanwil Kemenkumham, ada 200 TKA yang overstay. Mereka menyalahgunakan visa yang digunakan," ungkapnya, usai mendampingi Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto meresmikan pabrik keramik Plant V PT Arwana Citramulia di Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Senin (9/1/2017).

Gus Ipul (sapaan akrab, red),sebanyak 200 orang TKA tersebut berdasarkan data penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Juanda. Namun, Gus Ipul mengaku, dari jumlah itu, tidak tahu keberadaan TKA yang overstay ini, apakah ada di Surabaya atau di daerah lain.

"Untuk yang jalur darat dari Jakarta ke Surabaya masih sulit terdeteksi. Kami minta Disnaker untuk bekerjasama dengan Imigrasi dan TNI untuk melacak keberadaan mereka. Kami minta, perusahaan jangan memperkerjakan TKA ilegal dan jika masyarakat mengetahui agar segera melapor," katanya.

Sementara itu, Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto menambahkan, siapapun TKA ilegal harus diproses secara hukum. "Kalau TKA yang legal tentu harus diperhatikan perusahaan dan harus ikut regulasi yang ada," tegasnya. [tin/but]

Tag : gus ipul

Komentar

?>