Sabtu, 19 Agustus 2017

Gus Ipul: Jalan Daendels Rusak, PGN Tak Profesional Pasang Pipa

Kamis, 05 Januari 2017 11:02:53 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Gus Ipul: Jalan Daendels Rusak, PGN Tak Profesional Pasang Pipa

Gresik (beritajatim.com) - Rusaknya jalan nasional di Desa Betoyo, Manyar-Gresik juga dikarenakan adanya proyek pemasangan instalasi pipa gas dari PT Perusahaan Gas Nasional (PGN). Bekas galian yang dilakukan PGN, penutupannya kurang profesional dan diurug ala kadarnya.

Sementara disisi lain tanah bekas urugan menutup saluran drainase air di jalan dan berdampak munculnya genangan yang membuat jalan rusak dan kubangan. "Sembari menunggu PGN melakukan pengurukan yang profesional, saya minta Pak Bupati Gresik agar menghentikan sementara proyek pipa PGN terlebih dahulu," tegas Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) kepada Bupati Gresik Sambari di lokasi Jalan Manyar Sembayat Gresik, Kamis (5/1/2017).

Menurut Gus Ipul, masyarakat sudah protes kepada PT PGN karena ada pemasangan pipa gas yang tidak profesional. "Pipa ditaruh di pinggir jalan dan mengganggu jalan. Penanaman pipa juga tidak ada perkerasan jalan yang baik. Saya ingin secepatnya diperbaiki. Ini agar pemerintah hadir saat dibutuhkan rakyatnya. Saya minta ada alat yang masuk mulai besok. Ke depan, saya nggak ingin lagi masyarakat protes. Balai Besar Jalan Nasional juga harus cepat respon sebelum diprotes," tukasnya.

Jadi, lanjut dia, ke depan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII tidak harus menunggu tender selesai. Akhir tahun tender dimulai dan awal tahun diharapkan sudah ada kontraktornya.

"PGN harus ikut bertanggung jawab karena pemasangan pipa tidak disertai pengerasan jalan yang bagus. Butuh dana Rp 1,1 triliun untuk memperbaiki 30 km jalan rusak. Tapi ada 7 km yang jadi prioritas menurut Balai Besar. Masyarakat nggak mau tahu ini jalan milik siapa, mau nasional, mau provinsi atau kabupaten, yang penting negara harus hadir saat dibutuhkan rakyat," pungkasnya. (tok/kun)

Tag : gus ipul

Komentar

?>