Kamis, 22 Nopember 2018

Catatan Pinggir Pak FIM (2)

Rasulullah Imam Sholat 124 Ribu Nabi

Jum'at, 02 Maret 2018 13:29:42 WIB
Reporter : Ferry Is Mirza
 Rasulullah Imam Sholat 124 Ribu Nabi

Selama beberapa hari di bulan Februari 2018, Ferry Is Mirza (FIM), wartawan senior Jatim, melakukan kunjungan ke sejumlah negara di Timur Tengah, seperti Turki, Palestina, Mesir, Yordania, dan beberapa negara lainnya. Pak FIM menjelajah ke sejumlah negara yang populer dengan istilah negeri para nabi. Banyak catatan menarik selama kunjungan itu yang layak dibagikan kepada pembaca. Berikut laporannya:

Di Masjidil Aqsa, tepatnya di pelataran sisi utara Qubah Emas Dome of the Rock yang luas, Rasulullah junjungan kita nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam menjadi imam para nabiallah.

"Di sini ini (lihat foto) Insya Allah tempat Rasulullah saat mengimami sholat 124 ribu nabi," tutur Jamal Selfiti kepada penulis yang disimak pula oleh 45 jamaah MyHalalTrip saat memandu keliling masjid tersuci ketiga yang disebutkan dalam Al Quran itu, Jum'at pagi (23/2/2018).

Jamal yang asli Jerusalem dan sangat fasih berbahasa Indonesia menuturkan lebih lanjut, kisah Rasulullah jadi imam itu bukan karangan. "Berbagai hadist yang sanadnya sahih menjelaskan begitu. Sholat itu dilakukan Rasulullah sekembali dari Sidratul Muntaha dalam perjalanan Isra' Mi'raj," sebut Jamal.

Selama ini, khususnya bagi penulis, jujur saja sejak sekolah dasar hingga kini hanya tahu nama 25 nabi dan rasul. Rasulullah Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam merupakan yang terakhir.

Perihal jumlah nabi dan rasul yang penulis dapatkan seperti ini: Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, beliau pernah bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. “Wahai Rasulullah, berapakah jumlah rasul?” Beliau menjawab: ثلاثمائة وبضعة عشر جمّاً غفيرا

“Sekitar tiga ratus belasan orang. Banyak sekali.” (HR. Baihaqi dalam Syu’abul Iman no. 129 dan dishahihkan al-Albani dalam al–Misykah 5737).

Dalam riwayat lain ditegaskan: “315 orang.”

Kemudian dalam riwayat Abu Umamah, bahwa Abu Dzar bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam: “Berapa jumlah persis para nabi.”

Beliau menjawab:

مِائَةُ أَلْفٍ وَأَرْبَعَةٌ وَعِشْرُونَ أَلْفًا الرُّسُلُ مِنْ ذَلِكَ ثَلَاثُ مِائَةٍ وَخَمْسَةَ عَشَرَ جَمًّا غَفِيرًا “Jumlah para nabi 124.000 orang, 315 diantara mereka adalah rasul. Banyak sekali.” (HR. Ahmad no. 22288 dan sanadnya dinilai shahih oleh al-Albani dalam al–Misykah).

Kisah ini ditulis sebagai catatan pinggir oleh-oleh safar Penjelajah Negeri Para Nabi 18 sampai 28 Februari dari Kota Tursina Mesir, Jerusalem-Jericho-Hebron, Jordania. [fim/air/bersambung]

Komentar

?>