Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

SD Al Muslim Peringati Hari Anak Sedunia

Senin, 19 Nopember 2018
Penulis : Azam Afian Dinata
Email :redaksi@beritajatim.com

Bersama Yayasan Anak Kanker Indonesia
SD Al Muslim Peringati Hari Anak Sedunia

Pada hari Senin, 19 November 2018, sebanyak 20 orang siswa perwakilan SD Al Muslim yang terdiri dari kelas 3 dan 4 bersama Kids Leader dari SD Al Muslim serta tim dokter kecil SD Al Muslim melakukan kegiatan safari sosial dalam rangka menyambut hari anak sedunia yang diperingati setiap tanggal 20 November. Kebetulan tgl 20 November tahun 2018 ini bertepatan pula dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan Safari sosial ini merupakan program leadership dan tindak lanjut dari program infaq Jumat.

Memperingati hari anak sedunia, para siswa diajak bermuhasabah bersama dengan anak-anak penderita kanker di yayasan Peduli Anak Kanker Indonesia (YPAKI) yang berlokasi di Jl. Dharmahusada Indah Timur IX Blok L No. 142 Surabaya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa syukur, meningkatkan kualitas diri menjadi pribadi yang lebih baik dan tawadhu` serta senantiasa selalu peduli dengan sesama, mau berbagi dan saling menghargai serta ikut meringankan beban sesama. Selain itu, dana infaq Jumat dari siswa dapat tersalurkan setiap tiga bulan sekali kepada orang-orang yang memang sangat membutuhkan.

Disambut oleh anak-anak penderita kanker di YPAKI dengan riang dan ramah, membuat para siswa SD Al Muslim semakin takjub melihat dari sudut pandang yang berbeda, semangat untuk segera berbaur dengan para penderita kanker tersebut menjadi semakin kuat. Dalam suatu ruangan, Ketua YPAKI memberikan sambutan ucapan terima kasih atas kehadiran siswa-siswi SD Al Muslim.

Dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan SD Al Muslim, yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SD Al Muslim, Ustadz Agus Salim, S.Ag. menyampaikan harapan beliau semoga kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini saja, namun terus berkesinambungan melakukan silahturrahim serta dapat membantu menyemangati semua anak-anak penderita kanker di YPAKI agar terus berjuang serperti tauladan kita Nabi besara Muhammad SAW dan selalu berdoa serta optimis demi kesembuhan mereka.

Puncak acara yang paling ditunggu adalah ketika para siswa SD Al Muslim bersama anak-anak penderita kanker berbaur dan bergembira bermainpuzzle� bersama serta bernyanyi lagu-lagu penyemangat. Selain itu, tim dokter kecil SD Al Muslim turut berkontribusi memberikan edukasi cara mencuci tangan yang benar sesuai standar WHO. Kampanye cuci tangan ini dilakukan melalui lagu gubahan dari lagu tradisional cublak-cublak suweng serta diikuti gerakan yang menarik semua audiens.Antusiasme anak-anak penderita kanker terlihat ketika mereka ikut tersenyum riang dan bernyanyi bersama.

Setelah bergembira bersama, Ustadz Agus Salim, S.Ag selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan memimpin doa bersama agar dalam menyambut hari anak sedunia semua siswa dan anak-anak penderita kanker serta semua anak-anak di dunia mendapatkan hak mereka untuk disayangi, dilindungi, bermain sesuai usia mereka serta bimbinganagar mereka dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat menjadi khalifah yang rahamatan lil alamin. Setelah berdoa bersama, para siswa menyerahkan bingkisan berupa susu nutren (susu bubuk khusus untuk penderita kanker), snack sehat, sembako seperti beras, lauk pauk, sayur mayur dan buah-buahan serta uang santunan. Dilanjutkan dengan bersalaman bersama dan saling berterima kasih, kegiatan ini menjadi semakin bermakna sebagai pengingat rasa syukur yang terus menerus harus dilakukan terutama penerapan sikap share, care and trust yang menekankan anak-anak agar senantiasa mau berbagi, peduli dan dapat menghargai sesama. Karena bangsa yang maju dan berbudi merupakan bangsa yang ramah terhadap generasi penerusnya, terutama anak-anak.

Melalui kegiatan safari sosial dan menyambut hari anak sedunia ini, semoga anak-anak sebagai penerus generasi bangsa mendapat hak-hak mereka, mendapat kesempatan dan ruang dalam mengembangkan potensi, dihargai tanpa ada diskriminasi, dilindungi dari kekerasan, dilindungi dari cybercrime dan pornografi. Dunia anak-anak harus menjadi sebuah dunia yang sehat, penuh keriangan. Mengutip pernyataanBapak Zulkifli Hasan, Ketua MPR RI : \"Berikan anak keteladanan agar mereka tumbuh bersama kebaikan. Berikan anak pelita agar mereka tumbuh jadi generasi dengan nilai dan etika.\"� Semoga tindakan SD Al Muslim dengan melakukan tindakan kecil ini dapat membawa perubahan yang besar dan menularkan kepada civitas akademika lainnya. [but]