Kamis, 02 Maret 2017

Nasib Buruh di Persidangan Pengadilan Negeri Gresik

Jum'at, 14 Oktober 2016
Penulis : Sujarwo
Email :gunturdjarwo1@gmail.com

Gresik -Pengadilan Negeri Gresik kembali gelar persidangan atas nama terdakwa Agus Setia Budi (53) yang dituduh melakukan tidak pidana pemalsuan surat keterangan gaji untuk pengajuaan kartu kredit di PT. Titani Alam Semesta Desa. Tenaru Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik.(13/10/2016)

Dalam persidangan kali ini Jaksa Penuntut Umum menghadirkan 3 orang saksi diantaranya adalah, Ana Masullah. SE, Yudi Rianto dan Ropiun, dalam keteranganya Ana Masullah SE yang menjabat sebagai kabag personalia pada tahun 2007 sampai dengan pertengahan 2015 menyatakan bahwa surat keteranagan gaji atas nama Agus Setia Budi adalah dipalsukan karena dalam surat nomor 410/SKP/I/2010/PERSUM tidak ada nama karyawan ataupun menejer personalia atas nama Linawati dan nomor surat pada saat itu terakhir adalah 098, yang ada adalah Ernawati bagian juru bayar yang diatas meja kerja nya ada komputer, mesin printer dan telpon sehingga dapat memungkinkan bahwa yang buat surat tersebut adalah Ernawati tegas kuasa hukum terdakwa.

Berbanding terbalik dengan keterangan kedua saksi lainnya yaitu Yudi Rianto dan Ropiun yang menyatakan bahwa mereka pernah ditawari kartu kredit dari Bank CIMB NIAGA oleh Ernawati akan tetapi mereka tidak mau, syarat-syaratnya pun juga mudah karena hanya bawa fotocopy kartu tanda penduduk (KTP) dan tanda tangan pada aplikasi yang kosong karena yang mengisi aplikasi tersebut adalah Sdri. Ernawati tegas Yudi Rianto dan Ropiun saat dimintai keterangan oleh majelis hakim disaat yang berbeda, kedua saksi juga mengatakan bahwa Agus Setia Budi tidak pernah dan tidak bisa mengunakan komputer dengan baik karena terdakwa adalah orang lapangan.

Sebelumnya pada persidangan tanggal 11 Oktober 2016 jaksa Penuntut umum menghadirkan Martin Susanto selaku mantan Manager Personalia dan Umum PT. Titani Alam Semesta yang dalam kesaksiaanya banyak menyatakan lupa akan tetapi Martini Susanto menyatakan bahwa kalau ia tidak masuk karena alasan cuti dan sebagainnya maka yang mengantikan tugas dan kewajiabannya adalah Ana Masullah.

Dalam persidangan ini ketua DPC FSP KEP-KSPI Kabupaten Gresik (Sunandar) mengintruksikan kepada tiap-tiap Pimpinan Unit Kerja (PUK) KEP-KSPI Kabupaten Gresik untuk mengirimkan perwakilannya setiap persidangan Sdr. Agus Setia Budi untuk mendampingi, memberikan dukungan moral dan spiritual kepada Sdr Agus Setia Budi supaya mendapat keadialan mengingat perkara Agus saat ini adalah upaya perusahaan untuk mengintimidasi pengurus serikat pekerja/buruh yang sedang memperjuangkan hak anggotanya.