Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Pengalaman Magang di Beritajatim: Saya Tak Lagi Takut Bertanya

Jum'at, 16 Nopember 2018 16:18:18 WIB
Reporter : Rimba Sukma
Pengalaman Magang di Beritajatim: Saya Tak Lagi Takut Bertanya

Surabaya (beritajatim.com) - Reporter adalah salah satu jenis jabatan kewartawanan yang bertugas melakukan peliputan di lapangan dan melaporkannya kepada publik. Baik dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau dalam bentuk situs berita di internet.

Profesi ini pernah saya alami saat magang menjadi reporter di beritajatim.com. Sebuah media online yang berkantor di Jl Ciliwung No. 65, Surabaya.

Untuk pertama kalinya menjalani magang terasa sangat sulit sekali untuk untuk mencari dan menulis satu hari satu berita. Itu karena masih belum terbiasa dan minimnya pengalaman. Namun di sisi lain, muncul rasa tertantang untuk meraih sukses mencoba pengalaman baru.

Setiap akan mewawancarai seseorang kerap kali muncul rasa takut dan gugup ketika akan meminta izin orang tersebut untuk disodori beberapa pertanyaan.

Apalagi ketika dulu akan mewawancarai salah seorang massa buruh yang berdemo di depan gedung Grahadi dengan massa yang begitu banyak. Gugup sekali.

Lama kelamaan saya menjadi tahu. Menjadi reporter haruslah pintar dan cerdas setiap kali mewawancarai seseorang agar kita bisa membuat berita yang banyak dan bisa membuat stok berita. Ditambah lagi harus bisa melihat isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat. Pesan ini saya dapat dari salah satu redaktur di tempat magang.

Selama magang menjadi reporter pengalaman banyak sekali saya dapat baik itu enak atau gak enak. Enaknya ketika kita disambut hangat dan diundang untuk meliput di salah satu acara event dan gak enaknya ketika tidak mendapatkan berita ditambah ketika kita akan mewawancarai seseorang namun tidak memiliki kontak agar bisa membuat janji terlebih dahalu sehingga harus datang beberapa kali agar bisa bertemu dengan orang tersebut.

Dalam hal ini, saya sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh tim di beritajatim.com. Berkat menjadi seorang reporter, saya berhasil melawan rasa takut untuk bertanya kepada orang-orang baru dan bisa menjadi ilmu yang sangat bermanfaat disuatu saat yang akan datang. [rim/but]

*) Rimba Sukma Mulia, mahasiswa Universitas Bhayangkara Jurusan Ilmu Komunikasi, Konsentrasi jurnalistik.

Tag : beritajatim

Komentar

?>