Kamis, 15 Nopember 2018

Beritajatim.com Lolos Verifikasi Faktual Dewan Pers

Selasa, 06 Nopember 2018 13:22:41 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Beritajatim.com Lolos Verifikasi Faktual Dewan Pers

Surabaya (beritajatim.com) – Situs beritajatim.com akhirnya secara resmi menerima sertifikat dari Dewan Pers sebagai media yang telah terverifikasi administrasi dan faktual. Sertifikat yang ditandatangani Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo tanggal 3 Mei 2018 ini diterima melalui paket tanggal 5 November 2018.

“Alhamdulillah kami bisa mendapat status terverifikasi dari Dewan Pers. Status ini sangat penting dalam usaha menjadi perusahaan media yang dikelola profesional, tuntuk pada UU Pokok Pers dan patuh pada Kode Etik Jurnalistik sebagaimana ketetapan Dewan Pers,” kata Pimpinan Redaksi beritajatim.com Dwi Eko Lokononto, Selasa (6/11/2018).

Ditambahkan, proses mendapatkan sertivikasi dari Dewan Pers ini diawali dengan mengisi form administrasi. Setelah lolos verifikasi administrasi, Dewan Pers mengirimkan tim untuk melakukan verifikasi faktual pada 26 Juli 2017.

“Meski kami mendapat pemberitahuan akan dilakukan verifikasi hanya 2 jam sebelum Tim Dewan Pers datang, namun hasil verifikasi faktual yang kemudian dibawa dalam rapat pleno di Dewan Pers berhasil baik. Setelah melengkapi beberapa berkas, kini beritajatim.com bisa masuk sebagai media yang terverifikasi,” tambah Lucky Lokononto.

Direktur Utama PT Beritajatim Cyber Media Ainur Rohim mengucapkan terima kasih pada semua awak redaksi dan non redaksi yang telah membantu dan mendukung capaian ini. Ucapan terima kasih ini diberikan karena, status verifikasi ini juga ditopang oleh keberadaan 100 perses wartawan beritajatim.com yang telah lolos Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada semua tingkatan.

“Kecuali wartawan baru, 100 persen wartawan beritajatim.com telah lolos UKW pada  kategori Utama, Madya dan Muda.. Ada juga yang telah naik kelas dari muda ke madya, dan madya ke utama. Semangat teman-teman wartawan kami untuk meningkarkan kompentensinya ini menjadi modal berharga bagi beritajatim.com untuk bisa lolos verifikasi faktual,”  jelas Ainur Rohim yang juga menjadi penguji UKW dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ini.

Ucapan Selamat

Keberhasilan beritajatim.com mendapatkan status terverifikasi administrasi dan faktual ini mendapat apresiasi dari Koordinator Wilayah (Korwil) Jawa Bali Nusa, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Yatimul Ainun.

Menurutnya, setidaknya sudah ada 2 media siber anggota AMSi di Jatim  yang telah lolos verifikasi admistrasi dan faktual.

“Selain beritajatim.com, situs timesindonesia.co.id juga telah lolos verifikasi administrasi dan faktual. Keluarnya sertifikat juga berbarengan, tanggal 3 Mei 2018. Selamat untuk beritajatim.com dan timesindonesia.co.id. Semoga ini menjadi penyemangat 22 anggota AMSI Jatim lainnya untuk juga bisa lolos verifikasi. Tinggal menunggu jadwal tim verifikasi dari Dewan Pers,” jelas Ainun.

Ditambahkan, AMSI sebagai organisasi media siber akan terus mendorong dan mendukung langkah anggotanya untuk bisa lolos verifikasi Dewan Pers sebagai bagian penting untuk meningkatkan kualitas media siber di Indonesia.

“Perang melawan hoaks, ujaran kebencian dan fitnah hanya bisa dilakukan jika media massa, termasuk media siber dikelola secara profesional, taat pada UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Hanya dengan itu, pers bisa meningkatkan kepercayaan publik dan menjaga keadaban publik, sekaligus tetap bisa melakukan kontrol sosial untuk melindungan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara,” jelas.(bj2)

Berita Terkait

    Komentar

    ?>