Senin, 24 September 2018

Serunya Jurnalis Muda Magang di beritajatim.com

Selasa, 06 Februari 2018 18:36:11 WIB
Reporter : Farah Velda
Serunya Jurnalis Muda Magang di beritajatim.com

Surabaya (beritajatim.com) - Sebanyak 4 mahasiwa Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang selama 40 hari digembleng mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) seluk beluk dunia kewartawanan.

Sudah 6 tahun ini, Fakultas Humaniora jurusan jurnalistik UIN Malang melakukan kerjasama dengan media online beritajatim.com untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai.

Mahasiswa mulai kegiatan PKL pada tanggal 28 Desember 2017 dan berakhir pada tanggal 6 Februari 2018 dengan dosen pembimbing Ahmad Ghozi MA. Selama melakukan PKL banyak suka-duka yang dialami mahasiswa dalam mengikuti kerja jurnalistik.

Laily Agustina, salah satu mahasiswi UIN mengatakan kesannya selama magang di beritajatim. Ia mengaku kaget karena untuk menerjemahkan berita luar negeri ternyata diperlukan mengganti bahasa sesuai dengan standar jurnalistik. "Menerjemahkan itu awalnya kaget,kan di kampus saya ndak pernah nerjemahin, jadi tiba-tiba kaget aja kalau perlu diganti ke bahasa news yang enak dibaca," ucapnya. 

Laily juga menambahkan jika dalam meliput berita diperlukan kendaraan tersendiri dan proses berpikir yang dalam.

Kemudian, Ia mengakui diperlukan koordinasi pula dengan wartawan senior untuk meliput suatu berita, agar tidak terjadi kesamaan berita dan kesalah pahaman. "Kurangnya inisiatif dari tim juga berdampak untuk masalah peliputan," imbuhnya.

Sedangkan, Farah Velda Digna Zaidah, juga mengungkapkan jika selama PKL di beritajatim.com mendapat pengalaman baru, hingga kelimpungan memilih berita terjemahan, sampai pusing berhadapan dengan berita yang ruwet.

"Diksinya itu lho pak yang sulit, kan kalau terjemahan otomatis saya menerjemahkan lansiran tersebut, tetapi terkadang kebingungan sama terjemahannya, jadi saya perlu tanya teman-teman dulu gitu maksudnya apa," ucapnya.

Ia mengakui jika belajar jurnalistik di beritajatim.com yang perlu dipersiapkan untuk yang pertama kali adalah mental dan dibutuhkan minat tersendiri dalam menulis berita. "Saya kan kalau meliput biasanya bareng teman saya. Jadi kalau meliput kuliner atau acara gitu, biasanya saya, kalau dia kebagian PN (Pengadilan Negeri) atau demo," ucapnya sambil tertawa. 

Rio Upasaluba, mahasiswi PKL lain mengakui bahwa Ia merasakan pengalaman berbeda ketika magang di kantor beritajatim ini. "Magang di Beritajatim ini recommended banget buat temen-temen kampus  yang ada di Jawa Timur, baik yang ada di Malang, Surabaya, maupun kampus-kampus lain yang ada di Jawa Timur. Karena disini, temen-temen bakal dikasih pengalaman yang banyak dari Beritajatim Cyber Media," ucapnya. 

M. Ghiffary Delian Devantyo, mengatakan pula hal yang sama terkait testimoni teman-temannya. "Kesimpulannya kalau mau magang disini itu, pede aja, tetap koordinasi sama wartawan senior, berani pokoknya tapi tetep dengan kode etik jurnalis, biar ndak tabrakan nulis beritanya, itu aja," katanya. [far/ted]

Tag : beritajatim

Komentar

?>