Selasa, 19 Desember 2017

Media Online

Tim Dewan Pers Verifikasi Faktual beritajatim.com di Jalan Ciliwung

Rabu, 26 Juli 2017 15:24:36 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Tim Dewan Pers Verifikasi Faktual beritajatim.com di Jalan Ciliwung
Pemimpin Redaksi Dwi Eko Lokononto menyerahkan sejumlah dokumen kepada Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat Dewan Pers Imam Wahyudi

Surabaya (beritajatim.com) - Tim verifikasi Dewan Pers secara mendadak melakukan verivikasi faktual ke kantor beritajatim.com di jalan Ciliwung 65 Surabaya siang ini.   Tim verifikasi  mengecek keberadaan fisik kantor media online beritajatim.com mulai ruangan news room, ruang tamu, ruangan rehat wartawan, badan hukum, struktur organisasi, upah kerja maupun lain-lainnya. 

Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat Dewan Pers, Imam Wahyudi mengungkapakan kunjungan verifikasi faktual ini dilaksanakan sebagai bagian dari proses pendataan perusahaan pers sesuai dengan UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers dan merujuk pada empat peraturan Dewan Pers.

"Kode etik jurnalistik, standar perusahaan pers, standar kompetensi wartawan, dan standar perlindungan wartawan," ujar Imam dalam diskusi singkat yang hangat di ruang rapat redaksi, Rabu (26/07/2017).

Ia menjelaskan, sebelum dilakukan kunjungan verifikasi ini, bertiajatim sudah mengajukan pernyataan kesiapannya dengan cara mengisi formulir yang telah disediakan oleh dewan pers.

"Kunjungan ini memang sengaja dilakukan secara mendadak karena tujuan awal kami adalah melihat aktifitas yang dilakukan oleh redaksional dan melihat langsung situasi kondisi kantor apakah sudah layak ataupun tidak," paparnya, Rabu (26/7/2017).

Ia mengungkapkan, setelah dilakukan pemantauan langsung. Berkas-berkas yang harus dilengkapi diantaranya kelengkapan surat-surat ijin pendirian perusahaan dan buku standar operasional yang diterapkan bagi wartawannya serta Standar operasional Perusahaan.

"Secara langsung administrasi yang kami butuhkan terhadap beritajatim.com sudah terpenuhi dan semuanya lengkap. Kalau secara fisik beritajatim.com saya katakan OK dan ini media yang serius," urainya.

Namun, tambahnya pihaknya mengusulkan kepada perusahaan media online yang berdiri sejak 2006 ini adalah menambahkan keterangan atau proses jenjang karir SDM wartawannya di buku SOP yang dimilikinya.

"Meski sudah Ok, kami sarankan​ agar 3 software yang perlu disisipkan. Seperti jenjang karir pada​ Jurnalis yang baru masuk apakah perlu magang beberapa bulan atau bagaimana, setelah itu meningkat menjadi staff redaksi dan seterusnya. Prosedur penyelesaian kasus hukum​, penunjukan pendampingan hukum dan juga ombudsman," paparnya.

Ia menandaskan setelah melakukan kunjungan ini pihaknya juga akan membawa berkas-berkas untuk dilakukan skoring administratif di Dewan Pers, setelah dinyakan lolos maka beritajatim.com akan mendapatkan barcode yang dapat di scan oleh pembacanya.

"Perusahaan pers yang sudah di verivikasi akan diberikan barcode, dan jika pembaca menscan barcode itu, akan masuk pada web dewan pers," imbuhnya.

Pemimpin Redaksi beritajatim.com Dwi Eko Lokononto yang menyambut Dewan Pers berterima kasih dengan penilaian yang dilakukan oleh tim verifikasi. "Kami tadi waktu dihubungi secara mendadak Dewan Pers langsung menyatakan siap untuk dinilai," kata Luki panggilan akrabnya.

Ditambahkannya beritajatim.com akan segera melengkapi sejumlah persyaratan dan ketentuan Dewan Pers yang belum tercantum di standar prosedur perusahaan Pers seperti standar keselamatan wartawan dalam melakukan peliputan dan jenjang karir serta tim ombudsman.

Dalam kunjungan yang berjalan hangat dan serius ini, tim verifikasi dewan pers diterima jajaran redaksi Teddy Ardianto, Kuntoro Rido Astomo, Ribut Wiyoto serta Renny Susilawati. (ito/ted)

Tag : beritajatim

Komentar

?>