Jum'at, 20 Oktober 2017

Jadi Narsum Ngabuburit Bareng Kumparan

Pimred Beritajatim: Kelola Media Online Tak Gampang

Sabtu, 10 Juni 2017 22:53:08 WIB
Reporter : Shohibul Hujjah
Pimred Beritajatim: Kelola Media Online Tak Gampang

Surabaya (beritajatim.com) - Pemimpin Redaksi (Pimred) beritajatim.com, Dwi Eko Lokononto menyebut bahwa mengelola media online tidaklah gampang. Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Pak Lucky ini, saat didapuk menjadi narasumber dalam acara Ngabuburit bareng Kumparan, yang berlangsung di Dyandra Covention Center, Surabaya.

"Butuh perjuangan dan ketelatenan dalam mengelola media online. Karena untuk mengelolanya tidaklah gampang. Bahkan, awalnya kami (beritajatim.com) hanya 20 awak," ujar Lucky di hadapan peserta workhop Jurnalisme Kolaboratif dan Ngabuburit bareng Kumparan, Sabtu (10/6/2017).

Alumnus Universitas Airlangga ini juga menceritakan, semula pihaknya menargetkan beritajatim.com bisa masuk rangking 100 ribu dunia. Namun, tanpa disangka ternyata hasilnya yakni masuk 30 ribu dunia.

"Itu sudah lumayan bagus. Tapi, kami tidak cukup puas sampai di situ. Kami terus bergerak dan berkembang maju sebagai salah satu media online di Jawa Timur yang memiliki pembaca cukup banyak," terangnya.

Atas keberhasilan itulah, tak heran bila kemudian banyak orang yang berkeinginan untuk mengikuti jejak kesuksesan beritajatim.com. Hingga lambat laun mulai banyak bermunculan media online yang tidak hanya 'menjamur' di wilayah Surabaya melainkan juga tumbuh di daerah-daerah.

"Nah, tawaran dari Kumparan untuk memanfaatkan teknologi mereka, bisa menjadi jalan keluar bagi teman-teman media lokal untuk bisa meneruskan kariernya secara benar. Sebab kalau kita melarang media kecil yang baru beranjak, itu sama halnya dengan membunuh semangat kreasi mereka. Dan justru saya khawatirkan adalah merambahnya media yang memunculkan berita hoax," tegasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Budiono Darsono, yang merupakan Presiden Komisaris Kumparan menyampaikan, jurnalisme kolaborasi adalah jurnalisme gotong royong.

"Gotong royong menjadi solusi untuk semuanya. Sebab untuk mengelola media online itu tantangannya sangat pelik. Untuk itulah, kumparan hadir dengan platform media kolaborasi pertama di Indonesia," pungkasnya. (oci/kun)

Tag : beritajatim

Komentar

?>