Jum'at, 15 Desember 2017

Pilih Magang di Beritajatim, Ini Alasan Mahasiswi UNM

Sabtu, 06 Agustus 2016 11:48:52 WIB
Reporter : Aviv Uswatun K
Pilih Magang di Beritajatim, Ini Alasan Mahasiswi UNM

Surabaya (beritajatam.com) – Di tengah-tengah kekhawatiran para mahasiswa yang hendak mencari tempat untuk melakukan praktek kerja lapangan, seorang mahasiswi Universitas Negeri Malang (UM) memilih beritajatim sebagai pilihan utamanya.

Ialah Faridatul Khasanah, mahasiswi jurusan Sastra Inggris angkatan 2013 di Universitas Negeri Malang yang memiliki ketertarikan besar terhadap dunia jurnalistik. Berawal dari rekomendasi dari salah satu mahasiswa UIN yang ia kenal, ia melangkahkan kakinya ke sebuah kantor media online, beritajatim.

Sejak mendapat rekomendasi, gadis yang akrab dipanggil Farida ini mulai mencari-cari informasi tentang beritajatim melalui media internet. Ia pun mulai tertarik karena mengetahui bahwa beritajatim adalah sebuah media online yang basisnya adalah menyajikan berita. “Karena saya ingin menulis,” katanya.

Pada awalnya ia takut berbicara dengan orang khususnya orang-orang yang bekerja di pemerintahan. Namun setelah praktek kerja lapangan di beritajatim, ia pun mengaku telah belajar banyak hal, salah satunya seperti lebih percaya diri dan berani berbicara pada orang lain termasuk pada orang-orang yang bekerja di pemerintahan.

Menurutnya, kerja di beritajatim cukup santai namun tetap harus berpikir dan bekerja secara professional. Ia juga mengatakan bahwa awalnya ia memang sangat gemar membaca berita. “Kayaknya magang di beritajatim memang paling pas buat saya,” ungkap gadis kelahiran Blitar, 22 Agustus 1994 ini.

Sebelumnya, ia juga memiliki latar belakang bekerja sebagai freelance writer, menulis artikel tentang otomotif namun ia mengaku tak terlalu tertarik karena tak memiliki pengetahuan cukup tentang bidang tersebut. Ia pun menjelaskan bahwa pada dasarnya ia sangat ingin menulis berita, tetapi memang diakuinya belum dapat tersalurkan sebelum akhirnya mengenal beritajatim.

“Saya suka menulis berita-berita tentang kriminal,” tuturnya. “Terjun ke lokasi membuat berita features. Mengangkat kisah-kisah masyarakat yang tersisihkan agar dapat dilihat masyarakat luas juga pemerintah bahwa mereka masih sangat membutuhkan perhatian dan pertolongan.”

Ia berharap apapun yang ia kerjakan dapat bermanfaat bagi semua orang termasuk menulis berita agar bermanfaat bagi semua orang. “Saya menyajikan berita sesuai dengan fakta yang ada,” tambahnya.

Saat disinggung mengenai suasana bekerja di beritajatim, ia mulai tersenyum. Ia mengaku bahwa para redaktur dan karyawan-karyawan di beritajatim sangat ramah dan kekeluargaannya sangat hangat.

“Rasanya seperti tidak ada yang namanya atasan atau bawahan. Semua sama namun tetap professional. Komunikasi dengan mereka juga enak. Mereka selalu mendukung, memberi bimbingan, arahan, motivasi untuk bisa buat saya menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Praktek kerja lapangan selama dua bulan di beritajatim menurutnya sudah terbilang cukup. Ia menuturkan bahwa praktek kerja lapangan di beritajatim adalah wadah untuk mengenal dunia kerja secara langsung.

Saat ditanya untuk kerja di beritajatim, ia mengatakan ia belum mendapat gambaran bekerja menjadi seorang wartawan, namun ia menambahkan bahwa tidak pernah menuntut segala kemungkinan yang terpenting hal tersebut baik dan menguntungkan banyak pihak. Ia mengaku masih berpegang teguh dengan cita-citanya yakni sebagai seorang pendidik.

“Di beritajatim, kita digodok menjadi pribadi yang lebih kuat. Banyak hal yg didapat bisa mengevaluasi diri sendiri. Belajar bermasyarakat. Dapat ditempatkan dimanapun dalam kondisi apapun. Diajarkan menjadi lebih berani mengutarakan pendapat, aware dengan situasi di sekeliling kita,” bebernya.

Pada akhirnya, ia berharap bahwa beritajatim bisa memberikan yang terbaik kepada mahasiswa-mahasiswa PKL selanjutnya. “Semoga lebih baik lagi, sukses, berguna untuk orang banyak dan menyajikan berita yang berkualitas lagi,” pungkasnya. (viv/kun)

Tag : magang UM

Komentar

?>