Jum'at, 15 Desember 2017

Wartawan Beritajatim 'Gembleng' Ratusan Mahasiswa Jadi Jurnalis

Kamis, 05 Mei 2016 16:04:31 WIB
Reporter : M. Ismail
Wartawan Beritajatim 'Gembleng' Ratusan Mahasiswa Jadi Jurnalis
Shohibul Hujjah ketika memberikan materi pelatihan jurnalistik.

Pasuruan (beritajatim.com) - Sekolah Tinggi Agama Islam  (STAIS) Salahuddin Pasuruan menggelar acara Workshop Jurnalistik. Acara ini digelar di kampus 2 STAIS Pasuruan, di jalan raya Warungdowo, Kabupaten Pasuruan, Kamis (05/5/2016).

Hadir sebagai pemateri dalam acara tersebut, yaitu wartawan beritajatim.com, Shohibul Hujjah, dan wartawan TransTV, Irsya Priongko. Kedua jurnalis yang sama-sama melaksanakan tugas peliputan untuk wilayah Pasuruan-Probolinggo itu, memberikan pengalamannya terkait suka dan duka bekerja di dunia jurnalistik.

Meski demikian, kedua wartawan tersebut memberikan materi yang berbeda-beda, yaitu sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

"Untuk menjadi seorang wartawan itu dibutuhkan kemauan dan tanggung jawab kuat. Agar apa yang kita beritakan dapat dipertanggung jawabkan," ucap Shohib di hadapan ratusan peserta Workshop Jurnalistik.

Dalam kesempatan itu, wartawan yang memiliki inisial sebutan Oci ini, juga memberikan pelatihan bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar, yaitu sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. "Ketika kita menulis berita jangan lupa menerapkan rumus 5 W + 1 H (What, Who, When, Where, Why, dan How)," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua BEM STAIS Salahuddin, Mis'at mengatakan, acara ini digelar dalam rangka untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa terkait dunia jurnalistik.

"Harapannya melalui kegiatan ini, para peserta khususnya mahasiswa yang ikut bisa menulis dengan baik. Serta paling tidak melalui kegiatan ini bisa menjadi bekal bagi teman-teman yang nantinya ketika lulus kuliah bisa terjun menjadi seorang jurnalis," pungkasnya. [isa/but]

Tag : beritajatim

Komentar

?>