Internasional

Turki Beri Vonis 10 Tahun Penjara pada Tokoh Oposisi

foto: ilustrasi

Istanbul (beritajatim.com) – Tokoh terkemuka Partai Rakyat Republik (CHP) yang beroposisi dengan pemerintah Turki, menghadapi hukuman penjara hampir 10 tahun atas tuduhan terorisme.

Canan Kaftancioglu, perempuan berusia 47 tahun itu, lapor VOA, Minggu (8/9/2019), divonis penjara 9 tahun 8 bulan 20 hari atas dakwaan menyebarkan propaganda teroris, menghina negara, menghina presiden, menghina para pejabat publik, dan memicu permusuhan publik, menurut Pengadilan Kriminal Tinggi 37 di Istanbul.

Dia adalah kepala CHP cabang Provinsi Istanbul, yang memainkan peranan penting dalam kemenangan partai oposisi dalam pilkada Istanbul atas Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Dakwaan terhadap Kaftancioglu dijatuhkan berdasarkan beberapa unggahan media sosial yang dibuatnya dalam beberapa tahun. Unggahan itu termasuk cuitan yang mengkritisi penindasan oleh pemerintah terhadap protes-protes di Lapangan Gezi pada 2013 dan pembunuhan tiga perempuan aktivis Kurdi yang berafiliasi dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Paris pada tahun yang sama. [voa/lat]

Sumber: inilah.com

Apa Reaksi Anda?

Komentar