Internasional

Ribuan Orang Meriahkan Pawai LGBT Gay Pride

Meksiko (beritajatim.com) – Puluhan ribu orang di berbagai kota di dunia berpartisipasi dalam pawai gay pride atau perayan hak-hak kelompok LGBT (lesbian,gay, biseksual dan transgender), termasuk sebuah pesta meriah di Meksiko dan pawai gay pride pertama di ibu kota Makedonia Utara, Skopje.

Bendera dan payung pelangi dikibarkan dan diperagakan, sementara musik dimainkan secara nyaring, parade kelompok LGBT di sepanjang Avenu Paseo de La Reforma berlangsung. Pasangan, keluarga, dan para aktivis LGBT berbondong-bondong turun ke jalan untuk menunjukkan keberagaman orientasi seksual yang ada di Meksiko.

Pernikahan sesama jenis secara sipil sudah sah di Mexico City sejak 2007, sementara perkawinan gay disahkan pada 2009. Sejumlah negara bagian Meksiko juga melegalisir pernikahan sesame jenis. Tetapi peserta pawai pride ini mengatakan, Meksiko masih panjang jalannya sebelum menjadi lebih toleran dan menerima kelompok LGBT sepenuhnya.

Di New York City, Jumat (28/6), juga menandai ulang tahun ke-50 pemberontakan Stonewall, ketika polisi menyerang sebuah bar atau kedai minum kelompok gay di Manhattan yang disusul oleh kerusuhan dan demonstrasi selama berhari-hari. Gerakan ini kemudian menjadi sebuah perjuangan kebebasan LGBT yang langgeng. Parade pride di kota ini pada Minggu (30/6) juga akan lewat tempat bar kelompok gay ini.

Perayaan-perayaan LGBT lainnya juga berlangsung mulai dari India sampai ke Eropa, dan lebih banyak lagi direncanakan untuk Minggu. [voa]

Apa Reaksi Anda?

Komentar