Internasional

Penutupan Debarkasi Surabaya, Delapan Haji Tertinggal di Arab Saudi Karena Sakit

Para haji saat tiba di Asema Haji Sukolilo Surabaya.(manik priyo prabowo)

Surabaya, (beritajatim.com)- Hingga hari terakhir pelaksanaan Haji,  Debarkasi Surabaya masih ada delapan haji tertinggal lantaran sakit parah. Plt Kemenag, Kakanwil Jatim, Moch Amin Mahfud menjelaska, delapan haji yang tertinggal merupakan haji yang belum memenuhi standar kesehatan penerbangan.

“Sehingga harus menunggu kesehatannya layak untuk standar kesehatan penerbangan. Harus tunggu sehat dulu baru pulang,” jelasnya saat menyambut kloter 85 Debarkasi Surabaya di Asrama Haji Sukolilo, Minggu (15/9/2019).

Karena masih tertinggal, Kemenag Jatim pun masih harus membentuk tim untuk menunggu pemulangan ke tanah air. Proses pemulangan pun akan ditunggu sampai waktu yang tak terhingga karena harus menunggu pemulihan kesehatan.

“Ya biasanya gak sampai sebulan dipulangkan karena sudah sehat. Kita harapkan semua haji bisa pulang,” ucapnya.

Lebih lanjut Moch Amin juga menjelaskan, dari totsl jemaah haji Embarkasi Surabaya yang tiba dari tana suci tercatat hanya ada 67 orang yang meninggal. Angka tersebut turun dari tahun 2018 mencapai 70 orang haji meninggal.

“Untuk tes kesehatannya memang sudah dilakukan secara lebih selektif. Tak hanya itu, para calon haji setahun sebelum pemberangkatan juga sudah harus melakukan tes dan uji kesehatan,” tandasnya.

Sementara Hudiono, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur perwakilan Gubernur Jatim menjelaskan pelaksanaan haji 2019 berjalan lancar.

Gubernur Jatim mengucapkan terima kasih ke seluruh petugas PPIH Embarkasi dan Debarkasi Surabaya. Sebab pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan lebih baik dari tahun lalu.

“Orang yang tertinggal di Tanah Suci kita harapkan segera pulang usai kesehatannya dinyatakan layak terbang. Kemudian para haji yang ada diharapkan untuk menjaga kemabrurannya. Mudah-mudahan Jawa Timur menjadi harmonis dan makmur dari doa-doa para haji,” harapnya.

Sementara dari data yang ada kloter 85 atau kloter terakhir ini terdaoat 383 haji yang tiba. Sehingga secara total ada 37.991 haji pulang ke Tanah Air. Sedangkan data pemberangkatan atau Embarkasi Surabaya tercatat 38.066 haji yang berangkat. (man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar