Internasional

Penjabat Menhan AS Desak Sekutu NATO Kecam Iran

Brussels (beritajatim.com) – Penjabat Menteri Pertahanan Amerika Mark Esper mendesak sekutu NATO agar “menginternasionalkan” perdebatan mengenai cara mengatasi Iran sementara ketegangan meningkat di wilayah Teluk Persia.

Mengisahkan perundingan tertutupnya hari Kamis dengan anggota di markas NATO di Brussels, Esper mengatakan kepada wartawan, ia meminta sekutu agar mengecam Iran ketika diminta dan mempertimbangkan berpartisipasi dalam rencana awal untuk lebih mengamankan Selat Hormuz yang strategis. Esper juga mendesak sekutu agar membantu mengembangkan pendekatan yang lebih diplomatis terhadap Iran dalam upaya menghindari konflik militer.

Sama seperti Amerika, sebagian besar sekutu prihatin mengenai perlunya mengatasi Iran dan jalur perairan strategis, ujar Espy, tetapi tidak mendapat komitmen tegas dari mereka. Bulan depan, ia menambahkan, Amerika akan memberi penjelasan rinci kepada sekutu tentang cara berkolaborasi guna mencegah agresi lebih lanjut.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan kepada wartawan “sekutu mendukung upaya meredakan” ketegangan dengan Iran, yang mulai meningkat ketika Presiden Amerika Donald Trump mundur dari kesepakatan nuklir tahun 2015 yang ditandatangani kekuatan dunia dan Iran, dan menjatuhkan sanksi keras terhadap Iran. [voa]

Apa Reaksi Anda?

Komentar