Internasional

Menuju Kekuatan Antariksa Baru

India Luncurkan Misil Anti Satelit Buatannya

India (beritajatim.com) – Perdana Menteri India, Narendra Modi telah mengkonfirmasi bahwa pemerintahannya telah melakukan penembakan terhadap satelitnya sendiri dengan sebuah misil anti satelit yang dibuatnya, Rabu (27/3/2019).

Menurut Modi ini adalah terobosan untuk memperlihatkan India sebagai negara yang digdaya dalam mengelola fasilitas antariksa, seperti dikutip dari reuters.com.

PM Modi juga menuturkan, ilmuwanya telah berhasil menembak jatuh satelit secara langsung 300 kilometer dari orbit rendah bumi. India berhasil membuat prestasi luar biasa hari ini, seperti yang disiarkan TV Nasional India.

Dengan penembakan ini, India menjadi negara keempat yang memiliki senjata misil anti satelit setelah Amerika Serikat, Rusia dan Tiongkok. Apa yang dilakukan India sejatinya sebagai unjuk kemampuan dan bisa saja menimbulkan kekhawatiran yang akan memunculkan perlombaan senjata di ruang angkasa.

Merespon hal ini, Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan bahwa pihaknya berharap semua negara dapat menjaga perdamaian abadi, khususnya dalam tata kelola ruang angka (antariksa). Dalam hal ini, Amerika Serikat, Rusia serta Pakistan belum merespon tindakan India.

Senjata (misil) anti satelit yang dimiliki India merupakan terobosan yang memungkinkan serangan terhadap satelit musuh. Penyerangan ini tidak lain juga untuk menganggau sistem komunikasi suatu negara sekaligus dapat dijadikan sebagai pusat data dan basis teknologi untuk mencegat misil balistik milik musuh.

Dalam beberapa tahun terakhir India memang menunjukan kemampuanya sebagai negara yang “kapabel” dalam urusan antariksa. India berhasil membuat roket satelit dengan biaya yang lebih murah ketimbang produksi negara-negara Barat. [juf/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar