Rabu, 22 Agustus 2018

Jepang Peringati Hari Penjatuhan Bom Atom

Kamis, 09 Agustus 2018 09:07:57 WIB
Reporter : M Jakariya
Jepang Peringati Hari Penjatuhan Bom Atom

Hiroshima (beritajatim.com) - Hiroshima memperingati Hari Pengeboman Atom oleh AS yang ke-73 pada Senin 6 Agustus. Dalam peringatan ini walikota Hiroshima mengkampanyekan dunia tanpa senjata nuklir dimana kampanye ini secara eksplisit mendesak Jepang untuk bergabung dengan perjanjian larangan senjata nuklir global.

Meskipun harapan atas perlucutan senjata nuklir semakin menguat dalam beberapa tahun terakhir, Walikota Kazumi Matsui memperingatkan akan munculnya kembali ketegangan atas senjata nuklir yang terlihat selama Perang Dingin.

"Jika manusia melupakan sejarah atau berhenti menyerukan dunia tanpa senjata nuklir, kita bisa melakukan kesalahan besar kembali," kata Matsui pada upacara peringatan terjadinya boman atom. "Dengan lebih dari 14.000 hulu ledak nuklir yang tersisa, kemungkinan berkembang bahwa apa yang kami lihat di Hiroshima hari itu akan kembali baik sengaja dipergunakan atau murni kecelakaan".

"Para pemimpin global dari negara-negara maju harus membuat  perjanjian tentang larangan senjata nuklir dimana hal ini akan menjadi tonggak sejarah. Pemerintah Jepang perlu mewujudkan pasifisme dalam konstitusi dan memimpin dunia menuju dialog dan kerja sama untuk bebas nuklir," tambahnya, dikutip dari Japantoday.com.

Momen hening terlihat pada acara yang diadakan di Peace Memorial Park ini, mereka mengingat ketika bom atom uranium-core "Little Boy" yang dijatuhkan oleh AS meledak di atas Hiroshima pada 6 Agustus 1945 yang sekejap menewaskan sekitar 140.000 orang.

Walikota Hiroshima juga membuat deklarasi perdamaian dengan mengundang perwakilan dari 85 negara dan Uni Eropa. Untuk pertama kalinya, Amerika Serikat mengirim duta besarnya ke Jepang guna mengikuti upacara tahunan ini

Perdana Menteri Jepang yang turut hadir dalam peringatan ini, Shinzo Abe,  berjanji bahwa Jepang akan mencoba menjembatani kekuatan nuklir dan negara-negara non-nuklir dan memimpin upaya perdamaian internasional. [jka/suf]

Tag : jepang

Komentar

?>